Anak

Varian Delta Rentan Menyerang Anak-anak, Begini Cara Lindunginya!

Ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua untuk melindungi anak-anak dari virus corona Covid-19.

Shevinna Putti Anggraeni

Anak-anak , masker, virus corona Covid-19 (Pexels/Janko Ferlic)
Anak-anak , masker, virus corona Covid-19 (Pexels/Janko Ferlic)

Himedik.com - Virus corona varian Delta yang lebih menular daripada varian lainnya ini sangat rentan menyerang orang yang belum suntik vaksin Covid-19.

Sedangkan, banyak anak-anak yang masih belum mendapatkan vaksin Covid-19, terutama anak usia di bawah 12 tahun.

Hal ini seharusnya menjadi pertimbangan para orangtua dan pengasuh ketika mengajak anak keluar rumah atau mengizinkannya berangkat ke sekolah.

Di sisi lain, beberapa orangtua mungkin bingung caranya melindungi anak-anak mereka dari varian Delta.

Misalnya, orangtua atau orang dewasa di sekitar anak-anak harus memakai masker atau tidak ketika berinteraksi.

"Jika anak-anak Anda sudah besar dan cukup memahami situasi sekarang harus memakai masker. Maka mereka harus memakai masker ketika berada di dalam maupun di luar ruangan, setidaknya sampai penyebaran varian Delta ini terkendali," kata Dr. Peter Hotez, dekan National School dari Tropical Medicine di Baylor College of Medicine dikutip dari CNN.

Dr. Peter Hotez mengatakan bahwa anak-anak lebih aman di daerah seperti Timur Laut, yang tingkat penyebaran varian Delta lebih rendah.

Bila Anda berada di wilayah dengan penyebaran varian Delta cukup banyak dan tingkat vaksinasi masih rendah, maka anak-anak dan orang dewasa di sekitarnya harus tetap memakai masker.

Ilustrasi Virus Corona Covid-19, varian Delta (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona Covid-19, varian Delta (Unsplash/CDC)

"Hal ini membutuhkan kesadaran orangtua atau orang dewasa siapa pun di sekitar anak-anak yang belum vaksinasi untuk memahami situasi di wilayahnya, baik tingkat penyebaran virusnya maupun vaksinasinya," jelasnya.

Dr. Vivek Murthy, Ahli Bedah Umum AS, mengatakan alangkah lebih baik orang dewasa dan orangtua yang memiliki anak-anak belum vaksinasi untuk memakai masker meskipun di dalam ruangan.

Apalagi, mereka yang berada di wilayah dengan tingkat penyebaran virus corona lebih tinggi.

"Jika anak-anak Anda belum cukup umur untuk vaksinasi, mereka harus menggunakan masker ketika berada di luar ruangan," kata Dr Anthony Fauci, Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular.

Namun, Dr Yvonne Maldonado, ketua American Academy of Pediatrics' Committee on Infectious Diseases, mengatakan bahwa memvaksinasi orang dewasa dapat melindungi anak-anak dengan lebih baik, bahkan jika virus lebih mudah menular.

"Penting bagi orang tua dan anggota keluarga dekat lainnya yang memenuhi syarat untuk suntik vaksin Covid-19 demi melindungi anak-anak di bawah usia 12 tahun," kata Maldonado.

 

Berita Terkait

Berita Terkini