Info

Kontrol Kadar Gula Darah Pasca Terinfeksi Covid-19, Lakukan 3 Langkah ini!

Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah setelah terinfeksi virus corona Covid-19.

Shevinna Putti Anggraeni

Gula Darah. (unsplash)
Gula Darah. (unsplash)

Himedik.com - Virus corona Covid-19 bekerja dengan cara menyerang sistem kekebalan tubuh dan berbagai fungsi vital. Karena itu, banyak pasien Covid-19 mengalami beberapa masalah pada organ vital tubuhnya, baik ketika terinfeksi maupun setelahnya.

Salah satu kondisi yang dialami oleh pasien setelah sembuh dari virus corona Covid-19 adalah kadar gula darah yang tak terkontrol. Karena, stres selama fase infeksi virus corona Covid-19 bisa mempengaruhi hati dalam memproduksi insulin dan mengatur kadar gula darah.

Tapi dilansir dari Times of India, beberapa tips alami ini bisa membantu mengatasi kerusakan beberapa organ tubuh dan mengontrol gula darah kembali setelah terinfeksi virus corona Covid-19.

1. Kunyit

Kunyit akan membantu memerangi diabetes dan meningkatkan insulin. Menambahkan kunyit ke dalam makanan bisa membantu menurunkan jumlah trigliserida dan insulin yang dipicu oleh makanan berlemak.

Kunyit (Shutterstock)
Kunyit (Shutterstock)

2. Amla

Amla juga dianggap sebagai salah satu makanan anti diabetes. Setiap kali sel pankreas yang mengeluarkan insulin tidak normal, konsumsi amla terbukti efektif menyembuhkan masalah tersebut. Kromium dalam amla memungkinkan metabolisme karbohidrat yang membuat tubuh lebih efisien dalam respons insulin.

3. Batasi asupan gula

Hindari konsumsi makanan manis, gorengan, fermentasi atau tepung olahan yang tinggi kandungan karbohidrat dan memungkinkan pembentukan glukosa dalam tubuh.

Cobalah untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang tinggi vitamin, zat besi, antioksidan dan protein, seperti bayam, labu, apel, papaya dan lainnya.

4. Yoga

Olahraga juga salah satu cara terbaik untuk mengontrol kadar gula darah atau diabetes, seperti yoga. Stres dan kecemasan yang berdampak buruk pada kesejahteraan tubuh bisa dikontrol dengan melakukan yoga.

Sedangkan, pose atau latihan yoga tertentu meremajakan sel-sel pankreas yang menormalkan produksi insulin. Yoga Vajrasana setelah makan bisa membantu meningkatkan metabolisme dan aktivitas pencernaan.

Berita Terkait

Berita Terkini