Anak

Badan Statistik Inggris Ungkap Puluhan Ribu Anak Alami Long Covid

ONS menyatakan bahwa puluhan ribu anak di Inggris mengalami Long Covid.

Fita Nofiana

Ilustrasi anak memakai masker. (Shutterstock)
Ilustrasi anak memakai masker. (Shutterstock)

Himedik.com - Laporan baru Kantor Statistik Nasional Inggris (ONS) menunjukkan bahwa puluhan ribu anak hidup dengan gejala jangka panjang Covid-19 (Long Covid).  ONS memperkitakan bahwa 34.000 anak di Inggris diperkirakan mengalami gejala Covid-19 yang berkepanjangan.

Melansir dari Independent, beberapa gejala yang muncul adalah kelelahan dan sesak napas yang telah berlangsung selama minimal empat minggu.

Dokter Elaine Maxwell, seorang penasihat ilmiah di National Institute for Health Research (NIHR) mengatakan perkiraan itu berkebalikan dengan asumsi bahwa Long Covid pada anak-anak jarang terjadi. 

Secara total, 11.000 anak berusia dua hingga 11 tahun dan 23.000 anak berusia 12 hingga 16 tahun menderita Long Covid.

Angka tersebut didasarkan pada tanggapan yang dikumpulkan dari orang-orang di rumah tangga pribadi dalam empat minggu hingga 4 Juli 2021. 

Sebelumnya kepala eksekutif baru National Health Service (NHS) Inggris memperingatkan bahwa satu dari lima orang yang dirawat di rumah sakit di Inggris dengan Covid-19 berusia antara 18 hingga 34 tahun.  

Ilustrasi Covid-19. (Elements Envato)
Ilustrasi Covid-19. (Elements Envato)


"Perkiraan bahwa 34.000 anak-anak sementara itu menderita Long Covid di Inggris menunjukkan bahwa kondisinya hampir langka," kata Dr Maxwell.

Namun, dia memperingatkan bahwa kita perlu terus melihat berbagai studi yang berbeda untuk memahami apa yang terjadi.  

"Terlalu dini untuk membuat pernyataan berani tentang prevalensi dan prognosis Long Covid pada orang dewasa atau anak-anak," imbuhnya. 

Berita Terkait

Berita Terkini