Anak

Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak Saat Pandemi, Coba Berikan 4 Makanan ini!

Kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk melindungi anak dari pandemi virus corona Covid-19.

Shevinna Putti Anggraeni

Anak-anak pakai masker, kekebalan tubuh anak (Pexels/Janko Ferlic)
Anak-anak pakai masker, kekebalan tubuh anak (Pexels/Janko Ferlic)

Himedik.com - Kasus virus corona Covid-19 pada anak mengalami peningkatan belakangan ini. Karena itu, sangat penting menjaga kekebalan tubuh anak untuk melindungi mereka dari infeksi virus corona Covid-19.

Salah satu cara paling dasar untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak-anak dan orang dewasa adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Makanan memiliki peran penting dalam memperkuat sistem internal anak, mengurangi risiko pubertas dini, obesitas, dan rambut beruban.

Baru-baru ini dilansir dari Times of India, Celebrity Nutritionist Rujuta Diwekar membagikan beberapa tips penting untuk meningkatkan kekebalan pada anak.

Mereka membagikan 4 makanan yang wajib dikonsumsi anak-anak selama pandemi virus corona.

1. Buah

Cobalah untuk memberi anak makan buah-buahan utuh setiap hari. Karena, makan buah-buahan utuh akan mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

Ilustrasi buah-buahan. (Pixabay)
Ilustrasi buah-buahan. (Pixabay)

2. Roti atau semacamnya

Anak-anak perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi di antara jam 4 sore sampai 6 sore.

Anda bisa memberinya makanan yang manis, tetapi menyehatkan seperti roti untuk membantu mereka tetap energik atau bertenaga.

3. Nasi

Nasi adalah makanan pokok di Indonesia yang sangat dibutuhkan dan penting bagi anak-anak. Karena, nasi kaya akan beberapa nutrisi, seperti asam amino yang paling penting di dalamnya.

4. Kacang mete

Konsumsi kacang mete di antara waktu makan juga akan memberi anak nutrisi mikro yang dibutuhkan tubuhnya agar tetap aktif bergerak. Konsumsi kacang mete juga akan membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Selain makan sehat, ada beberapa hal lain yang mempengaruhi kekebalan tubuh anak. Diet hanya salah satu faktor yang memang berdampak kuat pada kekebalan tubuh Anda, tetapi ada beberapa aktivitas sehari-hari lainnya yang secara sadar dan tidak sadar bisa membahayakan kesehatan.

1. Jadwal tidur

Tidur memainkan peran penting dalam menjaga kekebalan dan kesehatan kita. Pola tidur yang teratur mengurangi risiko obesitas dan membantu mengekang keinginan untuk konsumsi makanan yang tidak sehat.

2. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau junk food adalah makanan yang dikemas dengan lemak trans dan mengandung nutrisi minimun. Kebiasaan konsumsi makanan cepat saji akan meningkatkan berat badan dan tidak menyehatkan tubuh.

3. Aktivitas fisik

Tetap aktif secara fisik atau olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh kita. Olahraga akan membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi risiko mengembangkan penyakit kronis.

Karena itu, pastikan anak Anda tidak hanya berdiam diri bermain gadget atau semacamnya yang kurang aktivitas fisik supaya tidak berdampak buruk pada sistem kekebalannya.

Berita Terkait

Berita Terkini