Info

Bisa Dikenali Gejalanya, Simak Tanda Awal Ketidaksuburan pada Perempuan

Berikut beberapa kondisi yang mungkin bisa menjadi tanda awal ketidaksuburan, apa saja?

Fita Nofiana

ilustrasi ibu hamil - (Unsplash/Pablo Heimplatz)
ilustrasi ibu hamil - (Unsplash/Pablo Heimplatz)

Himedik.com - Saat mengalami ketidaksuburan tubuh perempuan sebenarnya sudah memberikan tanda-tandanya. Mulai dari menstruasi yang tak teratur hingga gejala menstruasi yang berat.

Melansir dari Times of India, ada beberapa gejala dan kondisi yang perlu Anda perhatikan sebagai tanda ketidaksuburan. Kondisi ini bisa muncul sejak Anda remaja, antara lain:

1. Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Siklus menstruasi rata-rata berlangsung selama 28 hari. Beberapa hari lebih awal atau lebih lambat bukanlah masalah dan benar-benar normal. 

Namun, jika menstruasi Anda terus-menerus tidak teratur, baik tertunda atau terjadi lebih awal dari yang seharusnya, itu mungkin merupakan tanda gangguan mendasar yang berkaitan dengan ovulasi. Hal ini yang berarti bisa menjadi indikasi infertilitas atau ketidaksuburan.

Ilustrasi sakit menstruasi (pexels)
Ilustrasi sakit menstruasi (pexels)

2. Tidak Menstruasi Sama Sekali

Bagi perempuan yang tidak mengalami menstruasi selama lebih dari 3 bulan, penting untuk segera mengunjungi dokter. Tidak mengalami menstruasi dapat berarti Anda tidak berovulasi. 

Ovulasi adalah bagian integral dari kehamilan dan jika Anda tidak mengalami menstruasi, itu berarti tidak ada ovulasi plus kemungkinan pembuahan yang lebih rendah.

3. Pendarahan di Antara Siklus Menstruasi

Jika Anda mengalami pendarahan di antara siklus menstruasi atau bahkan setelah berhubungan intim, itu bisa menjadi tanda polip rahim atau fibroid atau lesi serviks. Beberapa kondisi tersebut bisa menjadi indikator infertilitas pada wanita.

Bisa Dikenali Gejalanya, Simak Tanda Awal Ketidaksuburan pada Perempuan - 2


4. Nyeri Panggul dan Gejala Menstruasi Berat

Beberapa perempuan mengalami kram yang menyakitkan selama menstruasi mereka. Tetapi jika kram Anda sangat parah dan Anda mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan sepanjang siklus dan selama hubungan seksual, maka Anda mungkin menderita Endometriosis. 

Endometriosis dapat menyebabkan jaringan parut pada struktur panggul, sehingga mengurangi kesuburan. Kondisi ini juga dapat menurunkan jumlah sel telur yang dapat dipasok oleh seorang wanita.

Jika kram menyakitkan Anda disertai dengan menstruasi yang luar biasa berat, itu bisa menjadi tanda fibroid rahim yang dapat membatasi kemungkinan kehamilan.

Berita Terkait

Berita Terkini