Anak

Manfaat Sayur Bayam untuk Bayi, Bantu Membentuk Tulang Lebih Kuat!

Bayam juga memberi manfaat untuk penglihatan.

Yasinta Rahmawati

Sayur bayam (pexels)
Sayur bayam (pexels)

Himedik.com - Bayam dikenal kaya akan vitamin C dan zat besi, kalsium dan potasium. Tak hanya bagi orang dewasa saja, bayam disebut juga bisa dikonsumsi oleh bayi dan memberi banyak manfaat.

Namun, pastikan dahulu kalau bayi kamu sudah berusia 12 bulan untuk mengonsumsi sayur tersebut ya.

Berikut ini manfaatnya seperti dilansir dari Mom Junction. 

Membangun tulang yang lebih kuat

Bayam memiliki sumber mineral, antara lain kalsium, magnesium, dan fosfor. Semua sumber ini berperan penting bagi kesehatan tulang bayi, salah satunya memperkuat tulang dan membantu perkembangannya.

Ilustrasi Makanan Zat Besi, Bayam (freepik)
Ilustrasi Makanan Zat Besi, Bayam (freepik)

Baik untuk kesehatan otot

Bayam mengandung 2,14 gram protein yang baik untuk kesehatan bayi, salah satunya adalah otot. Bahkan, bayam memiliki sumber asam amino vegetarian yang baik, sehingga cocok dipadu dengan makanan protein lainnya. Seperti daging, keju, dan kacang-kacangan.

Bermanfaat untuk sistem peredaran darah

Zat besi yang terkandung bersama protein dapat membantu sirkulasi darah yang tepat ke dalam tubuh. Sebab kombinasi zat besi dan protein pada bayam ini, dapat membantu membangun profil hemoglobin pada bayi.

Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Makanan multivitamin memiliki semua vitamin utama yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain makanan lain yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sayur bayam juga memiliki manfaat yang serupa, dengan sumber kaya vitamin K.

Membantu hidrasi

Sayur bayam disebut mengandung lebih dari 90 persen air, di mana secara alami bayam memiliki kaya akan cairan yang baik untuk menjaga bayi Anda agar tetap terhidrasi.

Memberi manfaat pada penglihatan

Bayam memiliki sumber yang kaya akan beta karoten (vitamin A), sehingga sumber ini dapat menjaga dan meningkatkan penglihatan pada bayi Anda.

Dapat membunuh cacing

Jika bayi Anda mengonsumsi bayam setiap minggu, manfaatnya tentu sangat baik untuk kesehatan tubuhnya. Salah satunya dapat membunuh hama dan cacing yang memakan usus, yang disebut sering membuat bayi lemah dan jatuh sakit.

(Suara.com/Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini