Anak

Bayi 6 Bulan Meninggal Usai Berpergian Naik Motor, Kapan Waktu Tepat Ajak Anak Motoran?

Kasus bayi 6 bulan meninggal setelah diajak berpergian naik motor selama 13 jam menjadi viral di media sosial.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi seorang bayi meninggal (Pexels/Dominika Roseclay)
Ilustrasi seorang bayi meninggal (Pexels/Dominika Roseclay)

Himedik.com - Seorang bayi usia 6 bulan meninggal dunia setelah diajak berpergian naik motor demi menonton pertandingan sepak bola.

Ayah bayi 6 bulan tersebut, melalui Twitter jungkangFamily, menyatakan menyesal atas tindakannya yang terlalu nekat mengajak bayinya naik motor dari Tegal ke Surabaya selama 13 jam demi menonton sepak bola.

"Akhirnya saya belajar apa makna 'Persebaya Sak Tekone Izrail' berkat ketololan yang terbungkus ego dan kesombongan saya, yang nekat mengajak anak saya yang berusia 6 bulan untuk away dari Tegal ke Surabaya demi melihat persebayaupdate bertanding home perdana. Semoga cukup saya saja yang tolol," kata pemilik akun jungkangFamily dalam cuitannya beberapa waktu lalu yang kini telah dihapus.

Ilustrasi bayi (unsplash.com/Kelly Sikkema)
Ilustrasi bayi meninggal (unsplash.com/Kelly Sikkema)

Kasus bayi 6 bulan meninggal karena diajak berpergian naik motor 13 jam ini pun cukup menyita perhatian publik. Banyak yang beranggapan bahwa sangat berisiko mengajak bayi naik motor.

Secara umum, dilansir dari Alodokter, tidak acuan pasti yang menyatakan usia aman bagi bayi untuk berpergian naik motor.

Tapi biasanya, berpergian naik sepeda motor tidak disarankan bagi bayi usia kurang dari 3 bulan. Sebab, kekebalan tubuh bayi masih belum sempurna dan masih tahap perkembangan yang membuatnya mudah terkena penyakit.

Selain itu, paparan polusi, asap, debu, kuman, cuaca dan kondisi fisik bayi yang masih rentan juga harus dipertimbangkan.

Apalagi, bayi juga memiliki respons yang sensitif terhadap perubahan situasi dan lingkungan di sekitarnya sehingga bisa mengganggu konsentrasi dalam mengendarai motor. Hal inilah yang meningkatkan risiko terjadi kecelakaan.

Di sisi lain, bayi belum bisa menggunakan pelindung kepala seperti helm ketika berpergian naik motor.

Jadi, sebaiknya tidak mengajak bayi Anda berpergian naik motor karena berbahaya bagi bayi maupun pengendaranya.

Berita Terkait

Berita Terkini