Anak

Ammar Zoni Panik Anak Tak Langsung Menangis Saat Lahir, Kenali 3 Penyebabnya!

Ammar Zoni dan Irish Bella sempat panik anak keduanya tak langsung menangis saat lahir.

Shevinna Putti Anggraeni

Ammar Zoni dan Irish Bella (Suara.com/Yuliani)
Ammar Zoni dan Irish Bella (Suara.com/Yuliani)

Himedik.com - Irish Bella melahirkan anak keduanya di RSIA Bina Medika, pada Selasa (23/8/2022). Dalam proses melahirkan anak kedua itu, Ammar Zoni dan Irish Bella sempat panik ketika anaknya tak langsung menangis saat lahir.

"Alhamdulillah semuanya berjalan dengan normal, cuma cuma ada sedikit drama, ada cerita setelah lahir itu tidak nangis," ucap Ammar Zoni saat ditemui di RSIA Bina Medika, Tangerang, Kamis (25/8/2022).

Menurut Ammar Zoni, anaknya sempat tidak menangis selama 10 menit. Beruntungnya, anaknya langsung menangis kencang setela mendapatkan penanganan dari dokter.

Irish Bella sendiri mengatakan sang anak sempat minum air ketuban di dalam kandungan yang membuatnya telat bernapas dan tidak langsung menangis setelah dilahirkan.

Normalnya dilansir dari Alodokter, bayi akan mulai bernapas menggunakan paru-paru pada 10 detik pertama setelah dilahirkan. Pada tahp ini, bayi akan beradaptasi dengan lingkungan di luar rahim.

Ammar Zoni dan Irish Bella menggelar konferensi pers terkait kelahiran anak keduanya di RSIA Bina Medika, Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (25/8/2022). [Fajar Ramadhan/Suara.com]
Ammar Zoni dan Irish Bella menggelar konferensi pers terkait kelahiran anak keduanya di RSIA Bina Medika, Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (25/8/2022). [Fajar Ramadhan/Suara.com]

Karena itu, bayi akan menangis setelah dilahirkan untuk membantu pengembangan paru-parunya. Tapi, ada beberapa kondisi yang menyebabkan bayi tidak menangis saaat dilahirkan.

1. Asfiksia

Asfiksia salah satu penyebab bayi tidak menangis saat dilahirkan. Kondisi ini terjadi ketika bayi tidak mendapatkan cukup oksigen ketika dilahirkan. Beberapa penyebab asfiksia termasuk:

  • Sumbatan di jalan napas bayi, misalnya akibat lendir, cairan ketuban atau mekonium
  • Anemia ketika bayi masih dalam kandungan yang menyebabkan kurangnya pasokan oksigen dan nutrisi ke jaringan termasuk ke sistem pernapasan bayi
  • Proses persalinan yang terlalu lama
  • Plasenta terlepas dari rahim terlalu cepat

2. Lahir prematur

Bayi lahir prematur berisiko mengalami beragam komplikasi, seperti gangguan pada organ paru-paru. Idealnya, paru-paru janin baru berkembang sempurna pada usia kandungan di atas 3 minggu.

Bila bayi lahir sebelum paru-parunya terbentuk sempurna, maka ia bisa terlambat menangis atau tidak menangis saat dilahirkan.

3. Keracunan air ketuban

Air ketuban yang terkontaminasi oleh mekonium dan tertelan oleh janin bisa menyebabkan infeksi pada saluran napas dan paru-paru janin. Kondisi ini bisa menyebabkan bayi tidak menangis saat dilahirkan.

Berita Terkait

Berita Terkini