Pria

Ashton Kutcher Idap Penyakit Autoimun Vaskulitis, Kenali Gejalanya Pada Tiap Bagian Tubuh!

Ashton Kutcher mengaku sempat menderita penyakit autoimun vaskulitis, yang gejalanya bisa berbeda pada setiap bagian tubuh yang terserang.

Shevinna Putti Anggraeni

Ashton Kutcher. (Shutterstock)
Ashton Kutcher. (Shutterstock)

Himedik.com - Aktor Hollywood, Ashton Kutcher mengaku sempat menderita penyakit autoimun langka vaskulitis yang membuatnya mengalami kebutaan, tuli hingga lumpuh.

Saat itu, Ashton Kutcher mengaku sempat tak bisa membayangkan masalah penglihatan, pendengaran dan kemampuan berjalannya kibat penyakit autoimun vaskulitis bisa kembali lagi atau tidak.

Vaskulitis yang diderita oleh Ashton Kutcher terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang vena, arteri, dan kapiler kecil.

Peradangan akibat kondisi ini mempersempit pembuluh darah dan membatasi aliran darah atau aliran darah sepenuhnya, yang mungkin menyebabkan kerusakan organ atau membuat aneurisma (tonjolan di dinding pembuluh darah).

Gejala umum penyakit autoimun vaskulitis termasuk demam, sakit kepala, kelelahan, penurunan berat badan dan nyeri umum.

Tapi dilansir dari Mayo Clinic, vaskulitis ini juga bisa menimbulkan gejala yang berbeda tergantung pada bagian tubuh yang terserang. Berikut ini, gejala vaskulitis pada setiap bagian tubuh.

Ashton Kutcher at THE DARKER SIDE OF GREEN Debate, Palihouse Holloway, West Hollywood, CA July 8, 2010
Ashton Kutcher at THE DARKER SIDE OF GREEN Debate, Palihouse Holloway, West Hollywood, CA July 8, 2010

1. Sistem pencernaan

Jika perut atau usus Anda terpengaruh, Anda mungkin mengalami rasa sakit setelah makan. Bisul dan perforasi mungkin terjadi dan dapat menyebabkan darah dalam tinja.

2. Telinga

Vaskulitis yang menyerang telinga bisa menyebabkan pusing, dering di telinga dan gangguan pendengaran mendadak bisa terjadi.

3. Mata

Vaskulitis dapat membuat mata Anda terlihat merah dan gatal atau terbakar. Arteritis sel raksasa dapat menyebabkan penglihatan ganda dan kebutaan sementara atau permanen pada satu atau kedua mata. Kondisi ini terkadang merupakan gejala pertama penyakit.

4. Tangan atau kaki

Beberapa jenis vaskulitis dapat menyebabkan mati rasa atau kelemahan pada tangan atau kaki. Telapak tangan dan telapak kaki mungkin membengkak atau mengeras.

5. Paru-paru

Anda mungkin juga mengalami sesak napas atau batuk darah jika vaskulitis mempengaruhi paru-paru Anda.

6. Kulit

Pendarahan di bawah kulit bisa muncul sebagai bintik merah. Vaskulitis juga dapat menyebabkan benjolan atau luka terbuka pada kulit Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini