Pria

Hotman Paris Alergi Sampo Sampai Mata Bengkak, Begini Cara Mengatasinya!

Hotman Paris sempat dilarikan ke UGD karena mengalami reaksi alergi sampo.

Shevinna Putti Anggraeni

Hotman Paris pernah didiagnosa dokter alami penyumbatan 75 persen (Suara.com/Sumarni)
Hotman Paris pernah didiagnosa dokter alami penyumbatan 75 persen (Suara.com/Sumarni)

Himedik.com - Beberapa hari lalu, Hotman Paris Hutapea sempat dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) sebuah rumah sakit karena mengalami reaksi alergi sampo. Hotman Paris pun menceritakan gejala yang dialaminya melalui unggahan Instagram.

"Memang benar tadi pagi saya ke UGD karena mata saya bengkak, alergi. Karena tadi malam saya pakai sampo yang juga sekaligus penghitam rambut. Sebelumnya saya sudah pakai jenis sampo itu dua kali, gak apa-apa," kata Hotman Paris, dikutip Rabu (10/8/2022).

Tetapi esoknya, Hotman Paris justru mengalami mata bengkak. Tetapi, kondisinya segera membaik setelah mengonsumsi obat alergi 6 jam.

Dilansir dari WebMD, Sampo diformulasikan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dengan cara menghilangkan minyak, keringat, sel-sel kulit mati, kotoran dan polusi lingkungan.

Sampo seharusnya membuat rambut Anda terasa bersih dan menjaga kelembapan kulit kepala Anda. Bila kulit kepala teriritasi dan gatal setelahnya, itu mungkin tanda alergi sampo.

Hotman paris Hutapea. [instagram @hotmanparisofficial]
Hotman paris Hutapea. [instagram @hotmanparisofficial]

Dermatitis kontak adalah jenis reaksi alergi yang terjadi ketika kulit Anda bersentuhan dengan bahan kimia atau zat tertentu, termasuk sampo, sabun dan semacamnya.

Anda sebaiknya mengidentifikasi dan menghindari bahan kimia yang nampaknya menyebabkan reaksi alergi. Bila ada sampo yang memicu reaksi alergi, Anda harus segera menghentikan penggunaannya.

Jika Anda tak sengaja menggunakannya atau terpapar, cuci kulit Anda dengan sabun dan air segera.

Jika tangan Anda terpapar alergen, jangan sentuh bagian lain dari tubuh Anda sampai Anda mencuci tangan.

Bahkan, Anda harus melepas dan mencuci pakaian maupun perhiasan apapun yang bersentuhan dengan bahan kimia pemicu alergi tersebut.

Jika Anda menggunakan produk perawatan kuku, pastikan produk tersebut telah kering sebelum Anda menyentuh kulit Anda.

Umumnya, alergi seperti ini bisa diobati sendiri dengan obat yang dijual bebas, seperti losion kalamin, antihistamin atau salep kortison.

Anda juga bisa menemui dokter bila alergi sangat mengganggu aktivitas dan tidak kunjung membaik. Mereka bisa membantu mencari tahu penyebabnya dan memberikan penanganan yang lebih tepat.

Berita Terkait

Berita Terkini