Info

Hati - hati, Berciuman Bisa Tularkan Empat Infeksi Ini

Berciuman bisa bawa dampak pada kesehatanmu jika kamu sendiri tak menjaga kebersihan mulut.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

Himedik.com - Berciuman bisa jadi aktivitas yang kamu suka jika dilakukan bersama orang yang kamu kasihi. Tanda kasih ini juga bisa membantu kamu menjalin hubungan yang lebih erat dengan sang kekasih.

Namun, siapa sangka berciuman ternyata punya bahayanya tersendiri.

Ciuman berkaitan erat dengan kebersihan mulut. Kebersihan mulut yang dijaga bisa membantu melindungi diri dari bakteri yang ditularkan melalui ciuman.

Berikut telah dirangkum dari medicaldaily, empat infeksi yang bisa ditularkan ketika berciuman.

1. Herpes

Virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) menjadi virus yang paling umum menyebar melalui ciuman. Menurut para ahli, wanita cenderung lebih rentan terkena virus ini dibandingkan pria.

Risikonya lebih tinggi lagi jika terdapat luka di mulut atau bibir. Pastikan kamu atau pasangan tak memiliki luka di sekitar bibir atau mulut ya.

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

2. Gingivitis

Gingivitis merupakan peradangan gusi. Bakteri gingivitis biasanya ditularkan melalui air liur. Menurut dokter gigi asal California, Mark Burhenne, mencium seseorang yang memiliki penyakit gusi dapat menyebabkan kamu terinfeksi.

Dia menambahkan bahwa menjaga kebersihan mulut yang baik seperti menyikat gigi dua kali sehari adalah cara terbaik untuk melindungi gigi dari jenis bakteri ini.

3. Mononukleosis

Penyakit mononukleosis disebut juga demam kelenjar. Penyakit ini disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV). Selain berciuman, virus ini bisa tersebar melalui batuk, bersin dan berbagi sikat gigi atau kacamata.

Setelah terinfeksi, seseorang dapat mengalami gejala seperti kelelahan ekstrim, sakit tenggorokan, demam, kehilangan nafsu makan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Virus ini juga akan tetap masih ada bahkan jika seseorang telah sembuh. Diharapkan agar hindari berciuman sampai beberapa hari setelah demam reda.

4. Sifilis

Ada kemungkinan kecil sifilis bisa tertular melalui berciuman. Menurut OB-GYN Antonio Pizarro yang berbasis di Louisiana, sifilis akan sangat menular jika ada luka di mulut.

Luka biasanya berbentuk bulat dan terbuka. Luka ini dapat membantu bakteri Treponema pallidum menyebar jika berciuman.

Nah, sudah tahu kan infeksi yang bisa tersebar melalui ciuman? Pastikan kamu dan kekasih harus menjaga kebersihan mulut ya.

Berita Terkait

Berita Terkini