Info

Hindari Konsumsi Makanan Ini Jika Menderita Diabetes Tipe 2

Deretan makanan ini tak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus tipe 2. Simak di bawah ini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

Himedik.com - Diabetes melitus merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah diatas normal.

Bicara soal diabetes melitus, penyakit ini merupakan penyakit yang memiliki angka kematian tertinggi di dunia, khususnya diabetes tipe 2.

Beberapa makanan memang dilarang untuk kamu yang menderita jenis penyakit ini. Pasalnya, jenis makanan tertentu justru bisa memacu sakitmu menjadi lebih parah.

Dari medicaldaily, beberapa makanan ini harus kamu hindari jika menderita diabetes melitus tipe 2.

1. Nasi putih

Beras putih/pexels
Beras putih/pexels

Nasi putih bisa menyebabkan lonjakan gula darah dan kadar insulin.

"Pada dasarnya apa pun yang diproses, digoreng dan dibuat dengan tepung putih harus dihindari," kata ahli diet yang berbasis di California, Sandy Andrews.

Sebaliknya, ganti nasi putih dengan nasi merah sebab nasi merah cenderung memecah glukosa jauh lebih lambat. Biji-bijian juga bisa menjadi pilihanmu. Ini akan mengurangi risiko terkena DM tipe 2 sebesar 16 persen.

2. Jus

Jus/pexels
Jus/pexels

Buah yang diproses menjadi jus dapat menghilangkan kandungan serat di dalamnya. Sebagai contoh, buah jeruk sedang mengandung tiga hingga empat gram serat sementara delapan ons juns hanya mengandung satu gram serat.

Serat membantu mencegah lonjakan tiba-tiba kadar gula darah dengan memperlambat proses pencernaan. Ganti jus dengan buah utuh sebab jus buah yang dibeli di toko sudah mengandung gula tambahan.

3. Daging merah

Daging merah/pexels
Daging merah/pexels

Daging merah harus kamu hindari sebab mengandung lemak jenuh. Ini bisa berkontribusi terhadap peningkatan risiko jantung karena kadar kolesterol naik.

"Jumlahnya tidak besar, tetapi risikonya cukup tinggi," kata Dr. Frank B. Hu, seorang profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health di Boston, Massachusetts.

"Konsumsi daging merah secara teratur, terutama diproses, dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2."

Sebaliknya, ganti dengan makanan nabati seperti kacang. American Diabetes Association merekomendasikan kacang sebagai pilihan pengganti daging karena sama-sama mengandung protein.

Hindari makanan-makanan bagi kamu yang menderita diabetes melitus tipe 2 ya.

Berita Terkait

Berita Terkini