Info

Daya Tahan Tubuh Lemah? Konsumsi Lima Makanan Ini yuk!

Kamu gampang sakit? Bisa jadi itu karena daya tahan tubuhmu lemah. Cari tahu lima makanan yang bisa jaga daya tahan tubuhmu.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Yogurt/pexels
Yogurt/pexels

Himedik.com - Daya tahan tubuh tiap orang berbeda. Ada yang mudah sakit, misalnya jika cuaca sedang dingin dan ada yang bisa bertahan dalam kondisi tersebut.

Untuk mempertahankan diri dari berbagai bakteri penyebab sakit, sistem kekebalan tubuh punya fungsi yang besar. Sistem ini dibangun dari apa yang kamu konsumsi sehari-hari.

Jangan heran jika kamu sering sakit kalau makananmu setiap hari junk food. Nah, kali ini ada referensi makanan yang bisa tingkatkan daya tahan tubuhmu, dilansir dari medicaldaily.

1. Yogurt

Yogurt/pexels
Yogurt/pexels

Bakteri yang baik dapat ditemukan dalam yogurt yang juga dikenal sebagai probiotik.

Elaine Magee, ahli nutrisi dan juga seorang penulis menjelaskan bahwa diperlukan penelitian lebih lanjut soal probiotik yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi menemukan konsumsi yogurt dapat membantu pasien dari penyakit radang usus serta meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Jamur

Jamur/pexels
Jamur/pexels

Ahli mikologi Paul Stamets menjelaskan jamur kaya akan sumber antioksidan dan punya sifat anti inflamasi.

Sebuah penelitian dari University of Florida dilakukan untuk mengamati peningkatan kekebalan tubuh orang yang makan jamur setiap hari.

Pemimpin peneliti Sue Percival menjelaskan jika jamur bukan hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh tapi juga mengurangi peradangan yang diproduksi oleh sistem kekebalan.

3. Sup ayam

Sup ayam/pexels
Sup ayam/pexels

Sup ayam mengandung mineral yang bermanfaat seperti kalsium, sulfur dan magnesium. Asam amino dari ayam yang dilepaskan selama proses masak diduga mampu melawan penyakit.

Menurut Alissa Rumsey, juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diet, kuah sup juga membantu kamu agar tetap terhidrasi serta membantu dalam proses sekresi.

4. Kacang

Kacang/pexels
Kacang/pexels

Kacang merupakan camilan pembangkit tenaga listrik.

"Vitamin E dapat menjadi antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi", menurut ahli diet Kristin Kirkpatrick dari Cleveland Clinic Wellness Institute.

Kacang almond, kacang tanah, hazelnut dan biji bunga matahari adalah sumber vitamin E yang baik, tambahnya.

5. Bawang putih

Bawang putih/pexels
Bawang putih/pexels

Sumber antioksidan lain yang memiliki khasiat melawan kuman adalah bawang putih.

Sebuah penelitian mengatakan seseorang yang mengonsumsi bawang putih memiliki risiko lebih rendah terkena pilek dan waktu pilek yang lebih pendek.

Penelitian lain juga mengatakan bawang putih bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan peningkatan kesehatan mental.

Nah, untuk kamu yang punya daya tahan tubuh   lemah, sebaiknya rajin-rajin konsumsi beberapa pilihan makanan di atas ya!

Berita Terkait

Berita Terkini