Info

Mudah, Ini Empat Cara Hentikan Kram Otot Kaki

Beberapa dari kamu pasti pernah mengalami kram otot pada kaki kan? Nah, daripada pusing, mending lihat cara gampang hentikan kram otot kaki ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

Himedik.com - Kram otot terjadi ketika otot tanpa sadar berkontraksi sendiri. Kram ini biasanya terjadi ketika kamu merasa lelah atau karena dehidrasi akibat tubuh yang tak cukup mendapatkan kalium atau magnesium.

Kedua mineral ini bisa membantu otot bekerja dengan lebih lancar. Jadi jika kekurangan mineral ini, kram sangat mungkin terjadi.

Selain itu, kram juga mungkin dikaitkan dengan alkohol dan diabetes. Dari Healthline, Himedik menemukan 4 cara untuk hentikan kram otot pada kaki.

1. Peregangan

Rilekskan kaki yang kram. Hentikan aktivitas apa pun yang dapat menyebabkan kram dan regangkan otot secara perlahan.

Kamu bisa gunakan kompres panas dan letakkan di kaki yang kram. Cara lain, kamu bisa berdiri dan usahakan tumitmu menjadi tumpuan berat badanmu. Lalu regangkan otot perlahan.

2. Makan kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang/pexels
Kacang/pexels

Jika kram ini terjadi terus-menerus, usahakan sering mengonsumsi kacang atau biji-bijian. Makanan ini mengandung magnesium yang sangat baik untuk otot.

Sarah Thompson, seorang doula dan ahli akupunktur di Sacred Vessel Acupuncture, menyarankan ibu hamil sering-sering mengonsumsi suplemen magnesium.

3. Mandi air panas

Air panas bisa membantu meringankan kram kaki. Kamu bisa gunakan kompres panas. Atau, rajinlah  mandi dengan air hangat jika kamu kerap mengalami kondisi ini.

Namun jika kamu menderita diabetes atau cedera tulng belakang, sebaiknya kamu tak menggunakan kompres air panas.

4. Tetap terhidrasi

Air/pexels
Air/pexels

Salah satu penyebab kram otot kaki adalah dehidrasi. Jika kamu sering mengalami kram maka itu berarti tubuh mengalami kekurangan cairan. Usahakan tetap terhidrasi agar bisa mencegah timbulnya kram otot.

Beberapa cara di atas bisa kamu coba untuk hentikan kram otot pada kaki. Semoga bermanfaat ya!

Berita Terkait

Berita Terkini