Info

Penting Untuk Tubuh, Empat Manfaat Makanan Pahit Ini Baik Untukmu

Makanan pahit sering dijauhi karena rasanya yang sering tak cocok dengan lidah. Namun siapa sangka ada manfaat-manfaat tersembunyi dari makanan ini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Pare/Rilitas
Pare/Rilitas

Himedik.com - Siapa di sini yang suka makan makanan pahit? Jika kamu salah satunya, maka bersyukurlah. Di Indonesia, makanan-makanan seperti daun pepaya, pare dan biji mahoni terkenal dengan rasa pahit yang kadang tak bisa diterima oleh sebagian lidah.

Kenyataannya, makanan seperti ini punya manfaat bagi kesehatan tubuh yang tak diketahui orang. Untuk itu, Himedik merasa perlu untuk memberimu info soal manfaat makanan pahit untuk tubuh.

Dikutip dari besthealthmag.ca, Himedik menemukan empat manfaat makanan pahit untuk tubuh.

1. Membantu menyerap nutrisi

Menurut ahli diet profesional Nicole Dube dari Halifax, N.S, makanan pahit bisa mendukung pencernaan. Makanan pahit membantu menstimulasi reseptor rasa di lidah yang kemudian merangsang produksi enzim dan aliran empedu. Semakin baik makanan dicerna, semakin banyak nutrisi yang akan diserap oleh tubuh.

Selain itu, menurut Taz Bhatia, MD, ahli kesehatan integratif dan penulis Super Woman RX, makanan pahit juga mencegah asam lambung.

Daun pepaya/Dreamstime.com
Daun pepaya/Dreamstime.com

2. Mendetoksifikasi racun dalam hati

Selain bermanfaat untuk menyerap nutrisi, makanan pahit juga bisa mengusir racun dalam hati. Makanan pahit mengandung fitonutrien yang bisa mengatur kolesterol, menyeimbangkan hormon serta mendetoksifikasi darah.

3. Mengurangi kadar gula dalam darah

Diabetes/pexels
Diabetes/pexels

Konsumsi banyak makanan yang mengandung gula bisa berefek pada peningkatan kadar gula dan ini mengancam tubuh jika kamu menderita masalah gula darah. Canadian Diabetic Association (CDA) menjelaskan mengonsumsi antara 25 hingga 30 gram serat setiap hari bisa mengontrol kadar glukosa dalam darah.

4. Baik untuk kesehatan usus

Bhatia menambahkan, makanan pahit baik untuk kesehatan usus. Makanan pahit dapat bekerja seperti prebiotik di usus. Mengandung serat baik yang larut maupun tidak yang bisa menstimulasi pertumbuhan bakteri usus yang sehat.

Beberapa penelitian menunjukkan makanan pahit dapat membantu mengatur rasa lapar serta mengurangi keinginan untuk makan makanan manis.

Ternyata makanan pahit bagus untuk tubuh kan? Mulai sekarang rajin-rajin ya makan makanan pahit ya.

Berita Terkait

Berita Terkini