Info

Anak Denada Derita Leukimia, Waspada Delapan Tanda Penyakit Ini

Perhatian bagi seluruh orang tua. Ini 8 tanda seseorang menderita leukimia.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Leukimia/Medical News Today
Leukimia/Medical News Today

Himedik.com - Denada Tambunan harus menerima kenyataan jika putri semata wayangnya, Shakira Aurum (5) mengidap penyakit leukimia. Berita ini baru diketahui saat presenter Feni Rose mewawancarainya di salah satu stasiun tv.

Shakira saat ini masih terbaring di salah satu rumah sakit di Singapura. Berita kesedihan bagi Denada ini seharusnya menjadi pengalaman bagi semua orang tua. Melansir dari medicalnewstoday, Himedik menemukan info tentang penyakit kanker darah ini.

Sumsum tulang menghasilkan sel-sel darah dan leukimia terjadi ketika ada masalah dengan produksi sel darah. Biasanya memengaruhi sel darah putih atau leukosit. Kemungkinan penyakit ini menyerang orang di atas usia 55 tahun tapi pada umumnya menyerang mereka yang berusia di bawah 15 tahun.

Leukimia akut berkembang cepat dan memburuk dengan cepat, tetapi leukimia kronis memburuk dari waktu ke waktu.

Penyakit kanker darah ini terjadi ketika DNA sel darah putih rusak dalam beberapa cara. Ini menyebabkan sel darah tumbuh dan membelah secara terus menerus sehingga jumlahnya menjadi banyak.

Sel darah sehat kemudian mati setelah digantikan dengan sel-sel yang baru, yang diproduksi di sumsum tulang belakang. Sel darah abnormal yang seharusnya mati ini kemudian menempati lebih banyak ruang.

Ilustrasi/USA Today
Ilustrasi/USA Today

Ketika lebih banyak sel kanker yang diproduksi, sel darah putih yang sehat kemudian tak berfungsi dengan normal.

Beberapa faktor yang dicurigai bisa meningkatkan risiko leukimia adalah pewarna rambut, rokok, gen, atau seseorang yang menderita sindrom down (karena perubahan pada kromosom tertentu). Paparan energi elektromagnetik juga mungkin berhubungan dengan ini namun belum ada penelitian lebih lanjut tentang ini.

Berikut tanda-tanda leukimia yang harus menjadi perhatian:

1. Merasa lelah sepanjang waktu
2. Merasa kenyang dan porsi makan akan lebih sedikit yang menyebabkan penurunan berat badan
3. Mengalami demam atau kedinginan
4. Sering terkena infeksi
5. Luka yang lama untuk sembuh
6. Bintik-bintik merah keunguan di tubuh yang menunjukkan perdarahan kecil
7. Anemia (bisa juga kesulitan bernapas dan kulit yang pucat)
8. Nyeri tulang

Saat ini sudah banyak pengobatan yang ditawarkan untuk mengobati penyakit ini. Jenis perawatan utamanya adalah kemoterapi. Kemoterapi dapat memengaruhi seluruh tubuh tetapi terapi yang ditargetkan ditujukan pada bagian tertentu dari sel kanker.

Diketahui kanker akan hilang sepenuhnya selama setidaknya 5 tahun setelah perawatan. Perawatan lain yang ditawarkan, seperti:

1. Terapi interferon
2. Terapi radiasi
3. Operasi
4. Transplantasi sel induk

Semoga info soal penyakit leukimia ini bisa bermanfaat untuk kamu ya.

Berita Terkait

Berita Terkini