Info

Ternyata Tidur Sambil Memeluk Pasangan Punya Banyak Manfaat

Tidur sambil memeluk pasangan bahkan bisa kurangin stres lho! Lihat manfaat lainnya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Memeluk pasangan/Cruisingpartners
Memeluk pasangan/Cruisingpartners

Himedik.com - Ungkapan kasih sayang kepada pasangan bisa diwujudnyatakan melalui berbagai cara. Sebut saja ketika kamu menyetrika pakaian yang akan ia kenakan ke kantor hari ini. Tindakan-tindakan kecil seperti ini justru bisa membangun hubunganmu dengan pasangan menjadi semakin erat.

Ungkapan ini juga bisa kamu tunjukkan melalui pegangan tangan. Sebuah penelitian oleh University of Virginia menemukan ketika orang yang dicintai memegang tanganmu, stres di bagian otak yang disebut hipotalamus menurun, sehingga kamu bisa merasa aman dan nyaman.

Bukan hanya pegangan tangan, melalui sebuah pelukan kamu juga bisa mengungkapkan kasih sayangmu. Memeluk pasangan saat tidur bukan hanya membuat hubungan kalian semakin erat, tapi juga memiliki beberapa manfaat lainnya.
Ada empat manfaat yang bisa kamu dapat saat memeluk pasangan sewaktu tidur.

1. Mengurangi rasa lelah

Dilansir dari bustle, memeluk bisa membuat hormon oksitosin meningkat. Hormon yang dikenal dengan sebutan hormon cinta ini juga merupakan salah satu obat penghilang rasa lelah. Jadi, jika kamu merasa lelah setelah seharian bekerja, berpelukan bisa membantu kamu merasa lebih baik, baik itu secara emosional maupun fisik.

Memeluk pasangan/Kerala Now
Memeluk pasangan/Kerala Now

2. Menurunkan denyut jantung dan tekanan darah

Selain mengurangi rasa lelah, pelukan juga bisa menurunkan denyut jantung dan tekanan darah. Ketika kamu stres, sebuah pelukan bisa membuat denyut jantung melambat dan bisa bikin kamu lebih tenang. Ini juga bisa membuat tekanan darah menurun.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bukan hanya makanan, pelukan yang penuh kasih dari seseorang kamu cintai bisa meningkatkan kekebalan tubuhmu. Ini bisa menurunkan kadar kortisol yang pada akhirnya bisa melawan stres. Dengan kata lain, pelukan bisa membuat kamu bahagia dan sehat.

Memeluk pasangan/24h
Memeluk pasangan/24h

4. Memperkuat hubungan dengan pasangan

Sebuah studi di tahun 2014 menemukan 94 persen pasangan bisa merasakan keintiman dengan pasangan saat berpelukan daripada mereka yang tak saling menyentuh. Ini juga bisa bantu kamu tidur lebih nyenyak lho. Disamping itu, penelitian menemukan pasangan yang benar-benar meluangkan waktu untuk berpelukan setelah berhubungan seks memiliki kehidupan seks yang jauh lebih bahagia.

Ada lagi nggak nih manfaat tidur sambil berpelukan yang kamu tahu?

Berita Terkait

Berita Terkini