Info

Nggak Ribet, Ini Tips Mengurangi Jerawat di Punggung

Jerawat di punggung bisa kamu kurangi dengan beberapa tips super mudah ini. Lihat yuk apa saja tips-tipsnya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Jerawat punggung/DIY Experience
Jerawat punggung/DIY Experience

Himedik.com - Penanganan jerawat di wajah berbeda dengan jerawat di punggung. Awalnya jerawat memang muncul di wajah namun bisa memengaruhi bagian tubuh lain seperti punggung, lengan dan leher.

Sebenarnya, jerawat bisa muncul di semua bagian tubuh, kecuali pada telapak tangan dan kaki. Pasalnya, hanya kedua bagian tubuh ini yang tak terdapat folikel sebaceous - kelenjar bawah kulit yang mengeluarkan minyak.

Pada umumnya, para wanita yang lebih merasa risih jika ada jerawat di punggung. Mereka menjadi tak bebas menggunakan jenis pakaian yang memperlihatkan area punggung, apalagi saat ini sudah banyak model-model baju yang seperti itu.

Nah, untuk mengurangi munculnya jerawat di punggung, HiMedik sudah punya limalima  nih dilansir dari healthline. Yuk, disimak!

1. Scrub

Scrub bisa jadi salah satu pilihanmu untuk mengurangi jumlah jerawat di punggung. Bahan ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati pada bagian punggung. Gunakan secara rutin ya, seminggu kamu bisa pakai 3 sampai 4 kali. Scrub kopi bisa nih jadi opsimu.

Scrub/DIY Experience
Scrub/DIY Experience

2. Jangan biarkan rambut terkena punggung

Rambut bisa menjadi sumber bakteri karena polusi saat kamu berada di luar rumah. Kamu diharapkan keramas saat tiba di rumah. Namun jangan langsung tidur, biarkan rambut kering terlebih dahulu ya. Cara lain, kamu juga bisa menguncir rambut agar tak terkena punggung.

3. Mandi setelah olahraga

Mandi/pexels
Mandi/pexels

Ini penting sebab bakteri suka pada tempat yang lembap. Tunggu sekitar 1 sampai 2 jam setelah olahraga, kemudian bersihkan tubuhmu menggunakan sabun anti jerawat ya. Lebih baik lagi jika kamu konsultasi ke dokter sabun apa yang cocok untuk jenis kulitmu.

4. Gunakan sunblok yang bebas minyak

Penggunaan sunblock juga bisa memengaruhi jerawat di punggung lho. Nah, kamu diharapkan memilih sunblock yang bebas minyak ya, agar bisa mengurangi jumlah jerawat yang muncul.

5. Makan makanan sehat

Jus buah. (Shutterstock)
Jus buah. (Shutterstock)

Perkurangkan makan junk food dan yang manis-manis ya. Jus (usahakan sedikit gula atau tanpa gula) dan sayuran bisa bantu mengeluarkan zat racun dalam tubuh yang juga bisa membantu mengurangi jerawat di punggung.

Nah, sudah tahu kan cara mengurangi jerawat di punggung? Mudah, kan?

Berita Terkait

Berita Terkini