Info

Wow, Ini Kebiasaan Sehat Orang-orang Paling Cerdas Sedunia

Ternyata kebiasaan sehat mereka bisa kamu lakukan setiap hari.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Ini kebiasaan sehat orang-orang cerdas sedunia
Ini kebiasaan sehat orang-orang cerdas sedunia

Himedik.com - Siapa yang tak mengenal Albert Einstein? Ilmuwan fisika ini sangat terkenal dengan berbagai teori-teorinya dan merupakan imuwan terbesar dalam abad ke-20.

Siapa sangka ia punya kebiasaan sehat yang selalu dilakukan. Nah, selain Einstein, ternyata beberapa orang cerdas lainnya juga memiliki kebiasaan yang sama lho. Berikut Himedik rangkum kebiasaan sehat yang dilakukan 4 orang paling cerdas di dunia.

1. Michio Kaku

Michio Kaku, fisikawan teoritis, pembicara publik terkenal, penulis terlaris dan futuris terkenal, adalah salah satu pendiri teori string field. "Saya suka bermain figure skating," ungkapnya dalam satu wawancara.

Dia belajar bermain ice-skate ketika anak-anaknya tertarik dengan olahraga ini dan menemukan dia lebih menyukainya daripada mereka. Ketika dia belajar keterampilan, dia mengenali keindahan dan keanggunan fisika Newton di tempat kerja. Ia pun menyebut merasakan kekuatan hukum gerak Newton secara nyata lewat olah raga ice skate.

Michio Kaku
Michio Kaku

Dia menggambarkan ice-skating bisa membuat otot pada kaki, pinggul, perut dan bahu jauh lebih sehat.

2. Igor Stravinsky

Igor Stravinsky
Igor Stravinsky

Igor Stravinsky, komposer, pianis dan konduktor kelahiran Rusia adalah salah satu komposer paling berpengaruh di abad ke-20. Pada saat dia meninggal, Stravinsky telah menyusun lebih dari 100 karya, termasuk "The Rite of Spring."

Dalam "Stravinsky's Piano: Genesis of a Musical Language," penulis Graham Griffiths menguraikan pentingnya komposer memiliki kesehatan dan kebugaran fisik. Ia juga menjelaskan Stravinsky sangat menjaga bentuk jari-jarinya dan terutama sebelum penampilan konser. Untuk itu ia berlatih senam.

Untuk sementara waktu, Stravinsky bahkan memasukkan satu jam berjemur ke dalam rutinitasnya sehari-hari. Kebiasaan kesehatan Stravinsky yang paling tak biasa adalah melakukan headstands yang diklaimnya mengistirahatkan kepalanya dan membersihkan otaknya.

3. Jane Goodall

Jane Goodall
Jane Goodall

Selama kariernya, antropolog Inggris Jane Goodall menjelaskan perilaku primata yang terus bergema melalui wacana ilmiah. Dia kemudian memutuskan untuk tidak memakan daging dalam durasi yang cukup lama dan mulai memercayai bahwa vegetarian dan veganisme lebih baik untuk lingkungan, kesejahteraan hewan dan kesehatan manusia.

Mengonsumsi diet vegetarian telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan seperti menurunkan berat badan dan pencegahan penyakit seperti penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, hipertensi dan kanker.

4. Stephen Hawking

Stephen Hawking
Stephen Hawking

Pada tahun 1963, pada usia 21, fisikawan teoritis Stephen Hawking didiagnosis amyotrophic lateral sclerosis (ALS), penyakit yang menyebabkan kelemahan otot dan paralisis. Hawking bertahan selama lebih dari 50 tahun.

Ketika ditanya mengapa kondisinya berevolusi dengan sangat berbeda dari kebanyakan kasus, Hawking menjelaskan ia melengkapi dietnya - yang bebas gluten, minyak sayur dan makanan sampah - dengan suplemen mineral dan vitamin setiap hari, zinc, asam folat, vitamin B-12, vitamin C dan vitamin E.

5. Albert Einstein

Albert Einstein
Albert Einstein

Albert Einstein, fisikawan yang mengembangkan teori relativitas umum, juga seorang pemain biola pernah berkata bahwa jika dia bukan seorang ilmuwan, dia akan menjadi seorang musisi. Eksposur musik, pelatihan dan kinerja telah terbukti bermanfaat di semua tahap kehidupan, dari perkembangan kognitif pada bayi untuk meningkatkan fungsi otak pada orang dewasa dan melawan penurunan kognitif pada pasien demensia.

Untuk Einstein, musik menenangkan dan menginspirasi dia. Sang ilmuwan juga menikmati berlayar yang ia pelajari saat dirinya masih muda. Putranya pernah berkata bahwa Einstein membutuhkan relaksasi dari pekerjaannya yang intens.

Nah bagaimana? Kebiasaan-kebiasaan sehat yang mereka lakukan bisa jadi inspirasimu nih.

Berita Terkait

Berita Terkini