Info

Lima Tips Mudah Hilangkan Stres

Akibat rutinitas yang terlalu padat sangat mudah membuat orang stres.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi orang setres. (chiefexecutive.net)
Ilustrasi orang setres. (chiefexecutive.net)

Himedik.com - Kesibukan kerap kali menyita waktu. Apalagi jika pekerjaan kantor sedang banyak-banyaknya, rasanya menghela napas pun tak sempat. Belum lagi ditambah pekerjaan rumah, ibarat waktu seharian tak cukup untuk menuntaskan semuanya.

Akibat rutinitas yang terlalu padat sangat mudah membuat orang stres. Bahkan ada yang sampai depresi, sehingga mengakhiri hidup adalah jalan keluar terbaik.

Menurut data WHO tahun 2017, 3,7 persen dari penduduk Indonesia atau sekitar 9 juta orang mengalami depresi. Data itu didominasi oleh orang yang tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta.

Berikut tips mudah menghilangkan stres yang berhasil Himedik rangkum.

1. Jangan pendam beban pikiran sendirian

Cara menghilangkan stres paling mudah adalah dengan mencurahkan segala beban pikiran pada orang terdekat. Teknik satu ini memang terkesan sepele, tapi faktanya masih banyak orang yang enggan mencurahkan isi pikirannya karena takut akan penilaian orang.

American Psychological Association menyarankan penderita stres untuk mencurahkan isi hati dan beban pikirannya pada orang-orang terdekat atau terapis. Hal tersebut dapat melepaskan hormon endorfin, hormon yang memproduksi perasaan tenang sekaligus berguna meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Berolahraga

Ilustrasi berolahraga.(familyeducation)
Ilustrasi berolahraga.(familyeducation)

Olahraga memegang peran penting dalam segala elemen dalam tubuh, dari meningkatkan sirkulasi tubuh hingga memperkuat jantung. Namun, olahraga juga merupakan penghilang stres karena saat bergerak tubuh akan mengeluarkan hormon penenang yang dinamakan endorphin. Selain itu, kosentrasi selama olahraga juga dapat mengalihkan pemikiran dari stres sehari-hari.

3. Relaksasi dengan aromaterapi

Lelah dan stres setelah seharian beraktivitas? Saatnya merelaksasikan otot dan pikiran yang tegang dengan bantuan aromaterapi. Aromaterapi yang berasal dari minyak lavender, terbukti secara ilmiah mampu mengurangi frekuensi detak jantung dan tekanan darah sehingga tubuh dapat lebih rileks.

Hasil penelitian yang dipublikasikan sleepfoundation.org membuktikan bahwa orang yang menghirup aroma lavender sebelum tidur memiliki kualitas tidur lebih baik. Penelitian tersebut memaparkan lebih lanjut bahwa aroma yang dihirup seseorang sebelum tidur dapat berpengaruh langsung pada mimpi mereka. Jadi, para peneliti menganjurkan untuk menjaga kebersihan kamar dan gunakan pelembut kain dengan wewangian.

4. Meditasi

Meditasi. (shutterstock)
Meditasi. (shutterstock)

Meditasi dipercaya dapat membantu penderita depresi lebih tenang dan membentuk pikiran positif dalam mengatasi permasalahan sehari-hari. Mayo Clinic memaparkan bahwa meditasi memiliki beberapa manfaat psikologis seperti:

  • Mengasah pikiran untuk fokus
  • Membentuk sikap positif saat menghadapi masalah
  • Mengurangi pikiran negatif
  • Membantu penderita depresi mengenali emosinya

Saat meditasi juga dilatih untuk mengatur pola pernapasan. Teknik pernapasan dikenal efektif dalam mengurangi kadar hormon kortisol dan membantu pikiran agar lebih tenang.

5. Melibatkan diri dalam aktivitas religius

Saat hati tidak tenang, orangtua tentu sering menganjurkan untuk berdoa dan mendekatkan diri pada Tuhan. Ternyata, hal tersebut memang terbukti secara ilmiah mampu mengurangi rasa stres dan perasaan membenci diri sendiri.

Dalam buku The SuperStress Solution, Dr. Roberta Lee mengungkapkan bahwa orang yang religius sering menggunakan kepercayaan spiritualnya dalam menghadapi setiap permasalahan hidup. Pernyataan Dr. Lee tersebut didukung studi National Institute for Health Care Research (NIHR) yang memaparkan bahwa mahasiswa di sebuah universitas di Kanada yang terlibat dalam kegiatan keagamaan lebih sedikit mengalami gangguan stres dibanding mahasiswa lainnya.

Itulah lima tips mudah menghilangkan stres. Semoga bermanfaat guys!

Berita Terkait

Berita Terkini