Info

Stop Makan Ayam yang Memiliki Garis-garis Putih

Sudahkah kamu perhatikan daging ayam yang kamu beli?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Daging ayam. (menshealth)
Daging ayam. (menshealth)

Himedik.com - Saat kamu membeli daging ayam, pernahkah kamu memerhatikan bentuk dan kondisi dari ayam tersebut? Jika iya, kondisi daging ayam yang seperti apa yang menurutmu baik?

Daging ayam yang memiliki garis-garis putih sebenarnya tak baik untukmu. Kenapa? Dilansir menshealth, HiMedik menemukan alasannya.

Kelompok aktivis hewan ingin kamu berpikir dua kali sebelum menikmati berbagai olahan ayam. Sebuah video 'Compassion in World Farming' mendesak pecinta daging untuk belajar tentang garis putih yang biasanya terdapat pada dada ayam.

Menurut sebuah studi pada 2013 yang dipublikasikan di Italian Journal of Animal Science, kondisi ini menaikkan kadar lemak hingga 224 persen dan menurunkan jumlah protein.

Penelitian yang dipublikasikan di Poultry Science pada tahun yang sama sampai pada kesimpulan yang sama yaitu peningkatan lemak dan penurunan otot berdasarkan jumlah garis putih.

Kamu mungkin selama ini telah memerhatikan adanya garis putih namun belum sadar tentang kondisi ini. Ini terlihat seperti goresan putih yang sejajar dengan otot ayam.

Daging ayam dari yang normal hingga yang memiliki banyak garis putih. (menshealth)
Daging ayam dari yang normal hingga yang memiliki banyak garis putih. (menshealth)

Dari gambar di atas, terlihat bahwa pada gambar A, daging ayam dalam keadaan normal atau tak memiliki garis putih. Pada gambar B, terlihat beberapa garis putih terdapat pada bagian dada ayam. Pada gambar C, garis putih terlihat sangat banyak.

Menurut sebuah studi pada 2016 oleh University of Arkansas dan Texas A & M, tingkat keparahan garis putih telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Studi ini telah mengidentifikasi 96% dari 285 burung yang diuji.

Demi kebutuhan konsumen, para peternak unggas mengembangbiakan peliharaan yang lebih besar dalam waktu yang singkat. Juru bicara Dewan Ayam Nasional mengatakan kepada Buzzfeed bahwa garis putih hanya memengaruhi persentase kecil dari daging ayam dan tak ada hubungan kesehatan atau keamanan pangan bagi orang-orang.

Jaclyn London, RD, Direktur Gizi di Good Housekeeping Institute, setuju bahwa ayam masih merupakan pilihan yang sehat. "Ayam - asalkan tidak dilapisi tepung roti dan digoreng - adalah sumber protein tanpa lemak (yang juga kaya akan vitamin B, zat besi dan vitamin B12).

Nah, lebih baik beli daging ayam yang tak ada garis putih sama sekali ya agar kamu bisa mendapatkan seluruh manfaat daging ayam.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini