Info

Ini Enam Penyakit Akibat Memakai Sepatu Terlalu Sempit

Memakai sepatu yang terlalu sempit dapat berdampak buruk pada kaki.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi pakai sepatu terlalu sempit. (shutterstock)
Ilustrasi pakai sepatu terlalu sempit. (shutterstock)

Himedik.com - Sering kali terjadi masalah saat membeli sepatu secara online. Baik modelnya yang tak sesuai, hingga ukuran sepatu yang ternyata terlalu sempit.

Nah, menurut penelitian memakai sepatu yang terlalu sempit ternyata dapat berdampak buruk pada kaki. Berikut lima penyakit yang diakibatkan memakai sepatu terlalu sempit.

1. Jari kaki palu (hammertoe)

Hammertoe terjadi ketika kaki mulai menekuk. Sendi tengah jari akan bengkok ke atas, dan jika memasukkan kaki ke dalam sepatu yang ketat, maka akan bergesekan dengan permukaan sepatu dan menyebabkan rasa sakit. Selain itu, otot-otot yang menempel pada jari-jari kaki akan terus melemah jika kaki terus berada di posisi abnormal ini.

Hammertoe biasanya juga memiliki corn (kapalan) di atas lengkungan, sehingga menambah ketidaknyamanan. Untuk melakukan pengobatan sederhana, gunakanlah sepatu dengan kotak kaki yang lebih luas, pakailah bidai jari kaki, dan kompres dengan es batu ke daerah yang terkena. Jika teknik ini tidak efektif, lakukan operasi untuk memperbaiki deformitas.

2. Bunion

Ilustrasi penanganan benjolan (bunion) pada jempol kaki. (shutterstock)
Ilustrasi penanganan benjolan (bunion) pada jempol kaki. (shutterstock)

Bunion adalah pembesaran tulang atau jaringan sekitar sendi pangkal jempol kaki. Jika bunion tumbuh, jempol kaki dapat berubah arah mendekati jari yang ada di sebelah jempol kaki dan dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit jika memakai sepatu.

Meskipun faktor genetik mungkin memainkan peran dalam munculnya bunion. Namun, dalam banyak kasus bunion selalu dikaitkan dengan pemakaian sepatu yang buruk, terutama ketika menggunakan sepatu terlalu sempit.

Pengobatan non-operasi pada kasus ini melibatkan pemakaian sepatu dengan kotak kaki yang lebih luas, pemakaian spacer (pemberi jarak) antara jempol kaki dan jari sebelahnya, penekanan jempol kaki, atau pengompresan es batu pada jempol kaki. Jika langkah-langkah perawatan sederhana tersebut tidak efektif, dokter dapat mendiskusikan untuk melakukan operasi pengangkatan bunion.

3. Jari kaki bersilang

Bentuk jari kaki yang bersilang terjadi ketika jari-jari kaki berkerut dalam kotak kaki yang terlalu kecil, dan tekanan konstan menyebabkan jari kedua atau ketiga untuk pindah arah ke jari kaki sebelahnya. Pengobatan sederhana untuk kondisi ini adalah dengan memakai sepatu dengan kotak kaki lebih luas, menggunakan spacer atau menekan kaki ke lantai untuk membuat jari kaki terpisah, dan kompres dengan es batu ke daerah yang bermasalah. Jika pengobatan sederhana ini gagal, operasi mungkin menjadi pilihan.

4. Kuku tumbuh ke dalam

Kuku yang tumbuh ke dalam biasanya terjadi pada jempol ketika kuku dipotong pendek di dekat ujung jari kaki. Cedera ini dapat diperparah ketika memasukkan kaki ke dalam sepatu yang memiliki kotak kaki terlalu ketat, sehingga menyebabkan kaki pertama harus menekan pada kaki kedua, dan mengakibatkan tekanan abnormal pada kuku.

Hasil tekanan konstan ini menyebabkan inflamasi dan nyeri pada kuku. Perawatan sederhana melibatkan pemakaian sepatu dengan kotak kaki yang lebih luas dan membasahi kaki tiga hingga empat kali sehari dalam air hangat. Pangkaslah kuku Anda secara lurus dan hindari pemangkasan sudut terlalu pendek.

Ilustrasi penanganan kuku tumbuh ke dalam. (shutterstock)
Ilustrasi penanganan kuku tumbuh ke dalam. (shutterstock)

5. Metatarsalgia

Ini adalah jenis peradangan yang menyakitkan, dan biasanya terjadi pada bola kaki sebagai akibat dari tekanan berulang pada tulang metatarsal, yaitu tulang yang berada antara jari kaki dan lengkungan kaki.

6. Pengerasan kulit (corn)

Corn adalah sejenis kapalan yang berkembang saat sepatu yang terlalu sempit menekan kulit secara konstan. Perawatan sederhana melibatkan pemakaian busa di atas corn untuk membantu meringankan tekanan. Selain itu, memakai sepatu dengan ukuran yang pas akan sangat membantu.

Berita Terkait

Berita Terkini