Info

Istri Ari Wibowo Keracunan Makanan, Ini Pertolongan Pertama

Jangan salah berikan pertolongan pertama pada seseorang yang mengalami keracunan makanan.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ari Wibowo dan Inge Anugrah. (Instagram/@inge_anugrah)
Ari Wibowo dan Inge Anugrah. (Instagram/@inge_anugrah)

Himedik.com - Inge Anugrah, istri aktor kawakan Ari Wibowo, terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit akibat keracunan makanan. Dilansir suara.com, Ari mengatakan jika istrinya sudah berada di rumah sakit sejak 3 hari yang lalu.

Ari mengatakan hari ini (3/8/2018) sang istri sudah diperbolehkan untuk pulang ke rumah. Lelaki 47 tahun ini mengungkapkan awalnya Inge mengeluh sakit perut usai menyantap ayam di sebuah restoran.

Tak berhenti di situ, Inge juga mengalami diare dan mual yang membuat dirinya harus diinfus. Dari kejadian ini Ari mengingatkan kepada istrinya agar lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan.

Dari kejadian di atas, HiMedik merasa perlu untuk memberikan info terkait pertolongan yang harus kamu lakukan saat seseorang mengalami keracunan makanan. Jika kondisi terus memburuk, segera bawa ke rumah sakit terdekat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah pertolongan pertama yang bisa kamu berikan jika seseorang mengalami keracunan makanan.

 

1. Diare dan muntah merupakan reaksi normal jika seseorang mengalami keracunan makanan. Selain itu, perut terasa nyeri dan kram yang terjadi dalam rentang 12 sampai 72 jam, sakit kepala dan dehidrasi.

Jika mengalami gejala di atas, segera berikan air putih, oralit atau campuran air putih dan gula 2 sdt, garam 1/2 sdt, atau air kelapa. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan racun yang masih tertinggal di dalam tubuh serta mengganti cairan yang hilang.

2. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi susu untuk membuang racun dari tubuh. Namun, susu tdak boleh diberikan jika mengalami diare.

3. Usahakan muntah dengan posisi kepala tertunduk agar mencegah cairan masuk ke saluran pernapasan.

4. Konsumsi makanan padat seperti biskuit dengan perlahan sampai kamu merasa bisa mengonsumsi makanan seperti biasa.

Itu tadi pertolongan pertama saat mengalami keracunan makanan. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini