Info

Hati-Hati Kalau Diet, 5 Makanan Ini Ternyata Tinggi Gula

Rasanya boleh tak manis, tapi kandungan gulanya lumayan banyak.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Makanan mengandung tinggi gula (kolase)
Makanan mengandung tinggi gula (kolase)

Himedik.com - Gula tak hanya datang dalam bentuk permen atau minuman bersoda yang sering kamu temui hampir di setiap warung. Bahan pemanis juga ini dapat bersembunyi bahkan di makanan yang tak terasa manis.

Bagi kamu yang sedang berusaha diet, sebaiknya perhatikan ini baik-baik ya. Jangan sampai kamu kelebihan gula yang justru bisa membatalkan program dietmu.

Dilansir Medicaldaily, HiMedik sudah menemukan 5 makanan tinggi gula yang mesti diwaspadai.

1. Roti putih

Kebanyakan orang mungkin tak mengaitkan roti dengan rasa manis. Tapi satu potong roti putih berukuran sedang dapat mengandung hingga 1,4 gram gula. Jadi sebuah sandwich mengandung hampir 3 gram gula hanya dari roti saja.

Roti putih. (Brown Eyed Baker)
Roti putih. (Brown Eyed Baker)

Sementara beberapa gula terbentuk secara alami selama proses pemanggangan. Baca label nutrisi karena jumlah gula bervariasi tergantung pada merek yang kamu beli.

2. Saus tomat

Saus tomat. (Genius Kitchen)
Saus tomat. (Genius Kitchen)

Jika kamu sering membeli saus tomat, kali ini harus lebih perhatikan labelnya ya. Menurut Sanchia Parker, ahli diet dari Australia, rasa asam dari tomat membuat saus ini ditambahkan gula untuk mengurangi rasa asamnya. Jadi, lihat komposisinya dulu ya.

3. Pizza beku

Pizza beku. (The Recipe Rebel)
Pizza beku. (The Recipe Rebel)

Pizza keju yang telah dimasukkan ke dalam kulkas, bisa mengandung sekitar 5 gram gula sementara sepotong pizza termasuk pepperoni atau sosis mengandung sekitar 6 gram.

Saus biasanya merupakan sumber utama gula diikuti oleh kerak pizza. Inilah mengapa disarankan kamu untuk memilih kerak tipis dan topping yang rendah gula. Beberapa contoh yang topping rendah gula adalah keju rendah lemak, daging tanpa lemak, dan sayuran segar.

4. Selai kacang

Selai kacang. (CNN.com)
Selai kacang. (CNN)

Selain punya banyak manfaat, merek-merek tertentu diproses dengan terlalu banyak kandungan gula yang hampir mencapai 4 gram gula per sendok makan. Disarankan untuk memilih yang tidak memiliki tambahan gula dan tanpa adiktif.

Nah, kamu harus lebih memerhatikan kandungan gula pada setiap produk yang kamu beli ya, apalagi kamu sedang dalam program diet. Jangan terkecoh dengan rasanya yang tidak manis.

Berita Terkait

Berita Terkini