Info

Punggung Sering Sakit saat Bangun Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya

Kasur yang kamu pakai bisa jadi penyebabnya lho!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Punggung sakit. (NPR)
Punggung sakit. (NPR)

Himedik.com - Pernahkah kamu bangun lalu merasa sakit pada tulang belakang? Rasa sakit ini bahkan tak hilang dalam beberapa menit.

Lebih parahnya lagi, beberapa pekerjaan menjadi tertunda akibat hal ini. Kamu pasti nggak mau hal ini terjadi terus-menerus, kan?

Tulang belakang yang sakit bisa disebabkan oleh beberapa hal. Dilansir dari Medicaldaily, HiMedik menemukan 5 penyebab tulang belakangmu sering terasa sakit.

1. Terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi

Menggunakan high heels secara terus-menerus bukan hanya menyebabkan rasa sakit pada tulang belakang, namun juga pada lutut dan pinggul. Memakai high heels bisa menggeser berat badanmu ke kaki, sehingga lutut dan pinggangmu bisa maju dan posisi punggung harus mundur untuk menjaga keseimbangan.

Pakai high heels. (pinterest.es)
Pakai high heels. (pinterest.es)

Menurut podiatrist Jacqueline Sutera, resiko cedera juga meningkat jika kamu kelebihan berat badan atau tak mengenakan ukuran yang pas.

2. Kasur yang tak mendukung

Permukaan tempat tidur yang terlalu lunak atau terlalu keras juga bisa menjadi penyebab hal ini. Jika kamu mengalami nyeri punggung bawah namun bisa segera hilang dalam waktu paling lama 30 menit, maka ini berarti penyebabnya adalah pada kasur.

Menurut Dr. Michael Breus, ahli tidur dari WebMD, seseorang yang mengalami nyeri punggung bawah biasanya lebih cocok dengan tempat tidur yang agak keras.

3. Cedera

Angkat beban. (Daily Rags)
Angkat beban. (Daily Rags)

Alasan lain adalah cedera saat mengangkat beban yang berat di gym. Itulah sebabnya para ahli mengingatkan peregangan sebelum olahraga adalah hal yang penting. Kamu juga sebaiknya tak mengangkat sesuatu yang berat sampai cederamu benar-benar sembuh.

4. Radang sendi

Dr. Prakash Jayabalan dari Rehabilitation Institute of Chicago menjelaskan rasa sakit pada punggung bisa diakibatkan karena radang sendi. Jika penyebabnya adalah ini, maka rasa sakit akan membaik saat siang hari namun memburuk pada malam hari.

Rasa sakit biasanya menyerang pada area punggung bawah, pinggul dan tulang belakang.

5. Kebiasaan merokok

Merokok/pexels
Merokok. (Pexels)

Merokok bisa meningkatkan risiko nyeri punggung kronis. Hal itu karena tembakau dapat memengaruhi aliran darah dan pengiriman oksigen ke berbagai bagian tubuh, termasuk tulang belakang.

Para peneliti percaya bahwa merokok dapat berpotensi meningkatkan sensitivitas nyeri dan memperlambat penyembuhan, yang dapat membuat kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti fibromialgia bahkan lebih parah.

Jika punggung tak kunjung membaik dalam beberapa jam bahkan sampai berhari-hari, segera dapatkan saran dokter ya.

Berita Terkait

Berita Terkini