Info

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Ini Jawabannya

Kurangi bumbunya saat penyajian.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

ibu hamil makan mie instan (iStock)
ibu hamil makan mie instan (iStock)

Himedik.com - Mie instan memang begitu popular di kalangan masyarakat dan tak jarang yang menyukainya. Selain rasanya yang lezat, mie instan juga mudah didapat dan mudah dibuat.

Namun, mie instan juga memiliki sisi buruk, tidak hanya bagi ibu hamil, namun juga bagi semua orang. Mie instan mengandung banyak garam dan MSG atau vetsin, yang bagi beberapa orang dapat menyebabkan pusing, mual, gangguan lambung, dan lain-lain.

Oleh karena itu, mie instan tidak boleh dijadikan sebagai makanan utama. Mie instan memang mengandung karbohidrat, tetapi tidak bisa menggantikan nasi sebagai makanan pokok.

Secara umum, mie instan aman dikonsumsi dan ibu hamil juga boleh makan mie instan, asalkan dikendalikan frekuensi dan cara penyajiannya. Mie instan tidak boleh dikonsumsi setiap hari, cukup dua minggu sekali, terutama untuk ibu hamil.

Berikut beberapa tips sehat mengonsumsi mie instan, terutama untuk ibu hamil.

  1. Kandungan garam dan MSG pada bumbu mie instan sangat tinggi, oleh karena itu gunakanlah setengah saja dari bumbunya.
  2. Ketika memasak mie instan gunakan air yang banyak dan setelah matang buanglah air rebusannya, kemudian gunakan air baru untuk penyajiannya. Hal ini untuk menghilangkan zat-zat kimia pada mie kering.
  3. Tambahkan jenis makanan lain atau topping untuk menambah kenikmatan dan gizinya seperti telur, udang, bakso, sawi, dan lain-lain.

Jadi, apakah boleh ibu hamil makan mie instan? Jawabannya boleh asal memperhatikan hal-hal di atas, termasuk tips penyajiannya.

Berita Terkait

Berita Terkini