Info

Berkhasiat, Ini Empat Manfaat Terung Harus Kamu Tahu

Kombinasikan terung dengan beberapa jenis makanan ini dan dapatkan manfaatnya!

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Manfaat terung. (Harris Farm Markets)
Manfaat terung. (Harris Farm Markets)

Himedik.com - Sayuran terung merupakan sayuran yang awalnya berasal dari India dan Sri Lanka. Saat ini, sayuran terung sudah sangat populer dan bisa kamu temukan di setiap rumah makan.

Terung juga sering dibuat sambal. Bisa juga digoreng, dipanggang atau dikukus. Dari laman Boldsky, metode memasak dengan mengukus lebih efektif karena tetap mempertahankan antioksidan yang terdapat dalam terung.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Solanum melongena itu terdapat dalam beberapa warna, seperti ungu dan hijau.
Pertama, kandungan anthocyanin dapat membuat jantung lebih sehat.

Selain itu, senyawa lain seperti nasunin diketahui dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Karena kandungan air yang tinggi, terung dianggap sebagai diuretik alami.

Kandungan terung meliputi beberapa nutrisi seperti seng, fosfor, besi, kalsium dan vitamin B kompleks seperti vitamin B1, B2, B3 dan B6. Menurut medicalnewstoday, satu mangkuk terung yang dimasak dengan berat 99 gram mengandung 35 kalori, 0,82 gr protein, 8,64 gr karbohidrat, 0,23 gr lemak.

Terung. (Vegetarian Times)
Terung. (Vegetarian Times)

Tak hanya itu, kandungan seperti 2,5 gr serat makanan, 6 mg kalsium, 1 mg sodium, 188 mg potasium, 0,12 mg seng, 1,3 mg vitamin C, 0,25 mg zat besi, 11 mg magnesium, 14 mcg folat, 15 mg fosfor, 85 mcg vitamin B6 dan 2,9 mcg vitamin K juga terdapat dalam terung.

Kulit terung juga dinilai memiliki serat, kalium, magnesium dan antioksidan.

Beberapa manfaat terung telah dirangkum oleh Himedik.

1. Mengurangi risiko kesehatan jantung

Menurut beberapa penelitian, antioksidan di terung dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Konsumsi terung akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Ini adalah penyebab utama penyakit jantung. Jadi, konsumsi terung lebih banyak untuk kesehatan jantung yang lebih baik.

2. Mengontrol gula darah

Terung tinggi serat sehingga dapat menurunkan gula darah dengan memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh.

Penyerapan yang lambat ini membuat kadar gula darah tetap stabil dan mencegah lonjakan gula darah. Kandungan polifenol di terung juga dapat mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin.

3. Membantu mengelola berat badan

Berat badan/pexels
Berat badan. (pexels)

Terung tinggi serat dan rendah kalori yang membuat sayuran ini sempurna untuk menurunkan berat badan. Serat juga bisa membuat kamu lebih kenyang sehingga mengurangi asupan kalori.

4. Mencegah kanker

Terdapat 13 jenis senyawa fenolik yang memiliki kemampuan ampuh untuk melawan kanker. Menurut satu studi, rhamnosil glikosida solasodine yang ada di terung dapat membantu dalam pengobatan kanker. Nasunin, yang merupakan fitonutrien dan antioksidan yang ditemukan di brinjal, dapat membantu dalam melawan kanker.

Konsumsi terung dengan beberapa jenis makanan juga bisa punya khasiat baik.

Terung + nanas + lobak, bisa untuk menurunkan berat badan. Kamu cukup tambahkan 1 buah terung dicincang, 3 lobak dan iris 1 nanas. Kemudian blender dengan sedikit air. Minumlah setiap pagi setelah bangun dengan keadaan perut kosong.

Terung + mentimun, untuk menurunkan asam lemak. Potong setengah terung dan 1 mentimun lalu tambahkan sedikit air kemudian blender. Saring cairan ini dan minum setiap pagi sebelum sarapan selama 15 hari berturut-turut.

Terung untuk hipertensi. Potong 1 buah terung dan blender. Saring kemudian minum di pagi hari selama 10 hari.

Terung + rumput laut, untuk nyeri tukak. Ambil 1 sdm rumput laut, sejumput garam, 2 sdm bubuk terung. Simpan bahan ini dalam wadah kaca kemudian aduk rata.

Encerkan campuran ini dengan setengah cangkir air. Minum sekali sehari dalam keadaan perut kosong.

Berita Terkait

Berita Terkini