Info

Selain Hipertensi, Berikut Tanda Kamu Terlalu Banyak Makan Garam

Sering rasa makanan terasa hambar?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kelebihan garam bisa berbahaya. (pexels)
Kelebihan garam bisa berbahaya. (pexels)

Himedik.com - Garam tak hanya mempertahankan rasa tapi juga menambah rasa pada makanan. Namun adakalanya masih banyak orang mengonsumsi garam lebih banyak dari yang seharusnya.

Hal ini bisa dipengaruhi oleh garam yang berlebihan yang kamu konsumsi lewat camilan yang kamu makan. Tanda bahwa kamu mengonsumsi garam yang terlalu banyak adalah hipertensi.

Selain hipertensi, ada empat tanda lain kamu sudah mengonsumsi terlalu banyak garam, seperti dilansir medicaldaily.

1. Makanan terasa hambar

Kamu yang terbiasa makan dengan kadar garam yang tinggi membuat makanan dengan kadar garam normal terasa hambar. Hal ini dijelaskan oleh Gazzaniga Moloo, juru bicara American Dietetic Association.

Namun bagi mereka yang terbiasa makan dengan kadar garam normal, akan merasa sedikit garam pada sayuran terasa enak.

Camilan. (unsplash)
Camilan. (unsplash)

2. Merasa kembung

Seseorang yang sering mengonsumsi garam dengan kadar tinggi, akan mengalami sedikit kenaikan berat badan. Biasanya ini terjadi pada usia paruh baya.

Garam yang mengandung natrium bertindak seperti magnet ke air. Ini bisa menyebabkan kamu menahan cairan di tubuh yang pada akhirnya akan membuat mata atau jari menjadi bengkak.

3. Mengalami sakit kepala

Sakit kepala sering terjadi tanpa alasan. Coba kamu ingat mungkin kamu baru saja makan makanan dengan kandungan garam yang realtif tinggi.

"Terlalu banyak garam dapat menyebabkan pembuluh darah di otak membesar, yang dapat menyebabkan sakit kepala yang menyakitkan," jelas Mandy Enright, ahli gizi dan pelatih kebugaran di New Jersey.

4. Sering buang air kecil

"Kencing malam hari adalah hal nyata bagi banyak orang, terutama ketika mereka semakin tua," kata Dr Matsuo Tomohiro dari Universitas Nagasaki di Jepang.

Dalam studi 2017, Dr. Tomohiro menemukan terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan buang air kecil yang berlebihan. Untuk orang dewasa, ini dapat menyebabkan tidur terganggu, kelelahan, dan mudah tersinggung.

Dengan mengurangi konsumsi garam sebanyak 25 persen, maka kamu bisa mengurangi buang air kecil di malam hari.

Berita Terkait

Berita Terkini