Info

Mengapa Ibu Hamil Ngidam?

Di awal kehamilan, ngidam itu wajar. Tapi apa sih penyebabnya?

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi ngidam (farla.ru)
ilustrasi ngidam (farla.ru)

Himedik.com - Di awal kehamilan, seringkali wanita menginginkan makan beragam makanan. Mulai dari yang menyehatkan hingga yang tidak. Nah, sebenarnya apa sih yang menyebabkan ibu hamil ngidam?

Pada dasarnya, secara ilmiah tidak ada penjelasan berarti mengenai awal mula ngidam. Namun, menurut teori hal tersebut dapat dikaitkan dengan kebutuhan nutrisi yang berlebih karena ada janin dalam perut sang ibu. Contohnya, ketika sedang ngidam buah-buahan masam seperti jeruk.

Itu bisa menjadi pertanda, bahwa mungkin sang ibu sedang membutuhkan banyak vitamin C. Selain itu, ada teori yang menyebutkan bahwa ngidam disebabkan oleh perubahan hormon, sehingga membuat indra perasa dan penciuman menjadi lebih sensitif.

ilustrasi buah-buahan masam (matanaga)
ilustrasi buah-buahan masam (matanaga)

Jadi kedua teori di atas bisa dikorelasikan. Bahwa perubahan hormon yang membuat indra sensitif juga memengaruhi mengapa ibu hamil ngidam.

Masalahnya adalah, terkadang ada ibu hamil yang ngidamnya aneh. Untuk hal seperti itu, kamu sebagai suami siaga harus ambil sikap. Jangan termakan mitos yang menyebutkan bahwa jika ngidam tidak dituruti maka ketika lahir anaknya akan mengeluarkan air liur terus menerus.

Ngidam itu normal, tapi jika membahayakan sang ibu dan janin maka jangan dituruti. Termasuk juga makanan. Jangan biarkan ibu hamil terlalu banyak mengonsumsi makanan yang sama terus menerus.

Contohnya, ibu hamil ngidam buah-buahan masam. Dari pagi hingga malam yang dimakan hanya buah-buahan tersebut. Tentu saja hal itu tidak baik untuk kesehatan, terlebih jika sang ibu memiliki riwayat penyakit mag.

Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa ibu hamil bisa ngidam?

Berita Terkait

Berita Terkini