Info

Sering Begadang, Awas Bahaya Ini Menyerang Otak

Sering begadang sebabkan gangguan pada sel-sel otak.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi begadang. (shutterstock.com)
Ilustrasi begadang. (shutterstock.com)

Himedik.com - Sebuah penelitian membuktikan bahwa terlalu sering begadang dapat menyebabkan gangguan pada sel-sel otak. Bahkan, otak mulai memakan sel-selnya sendiri dalam kondisi tersebut.

Sel-sel astrocyte, demikian para ahli menyebutnya, sel yang dalam kondisi normal berfungsi untuk membersihkan diri (memutus sinapsis atau sambungan antar sel di otak). Mekanisme ini dibutuhkan dalam rangka memperbaiki dan membentuk sambungan baru.

Namun, sel-sel astrocyte berubah menjadi terlalu aktif saat kondisi kurang tidur. Hal ini ditunjukkan dengan melakukan eksperimen pada tikus. 

Ilustrasi sel-sel otak. (GettyImage)
Ilustrasi sel-sel otak. (GettyImage)

Terbukti aktivitas sel-sel astrocyte menjadi berlebihan ketika dikondisikan kurang tidur selama berhari-hari. Akibatnya, otak rentan mengalami kerusakan seperti yang ditemukan pada penyakit Alzheimer.

Dikutip dari Newscientist, seorang ilmuwan bernama Michele Bellesi dari Marche Polytechnic menggunakan sekelompok tikus dalam penelitian tersebut. Sebagian dibebaskan untuk tidur selama mungkin, sedangkan sebagian lagi dikondisikan seperti mengalami kurang tidur kronis.

Pada tikus dengan jam tidur yang tidak dibatasi, aktivitas astrocyte teramati sebesar 6 persen. Sedangkan pada tikus yang dikondisikan kurang tidur, ditemukan aktivitas jenis sel tersebut meningkat hingga 8-13,5 persen.

Berita Terkait

Berita Terkini