Info

Makan Apel dengan Kulit Atau Dikupas? Mana yang Lebih Sehat?

Apel dikupas atau dimakan langsung? Ini jawabannya.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Apel. (unsplash)
Apel. (unsplash)

Himedik.com - Apel bisa dimakan dengan kulit atau pun dikupas. Namun, untuk mendapatkan manfaat penuh dari apel sebaiknya mulai saat ini kamu mengonsumsi apel tanpa dikupas kulitnya.

Kenapa? Karena kulit apel mengandung banyak manfaat yang sayang jika dibuang. Manfaat ini juga sangat dibutuhkan tubuh.

Diberitakan boldsky, kulit apel mengandung 4 manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

1. Serat

Kandungan serat ternyata ada di dalam kulit apel. Kulit apel bisa mengandung sekitar 4.4 gram serat. Seperti yang kamu tahu, serat ini sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan serta mencegah konstipasi.

2. Cegah kanker

Siapa sangka kulit apel ternyata bisa mencegah kanker. Menurut riset di Cornell University, kulit apel mengandung senyawa triterpenoids.

Senyawa ini dapat membunuh sel kanker yang terdapat pada usus, payudara dan hati.

Apel/pexels
Apel. (pexels)

3. Bantu turunkan berat badan

Kamu yang sedang dalam program diet, mungkin harus berpikir dua kali untuk mengupas kulit apel. Pasalnya, kulit apel mengandung asam ursolat yang bisa melawan obesitas.

Asam ursolat ini juga bisa membakar kalori dan menambah jumlah lemak otot.

4. Atasi masalah pernapasan

Kulit apel juga mengandung senyawa Quercetin dan Flavonoid. Senyawa yang lebih banyak ditemukan di kulit apel bisa membantu menjaga paru-paru, terutama bagi mereka yang mengidap asma.

Meski ada banyak manfaat kulit apel, sebagian orang masih merasa khawatir akan kandungan pestisida yang terdapat di dalamnya.

Untuk itu, pastikan kamu mencuci apel dengan bersih sebelum mengonsumsinya. Ingat, mulai sekarang makan apel tanpa dikupas kulitnya ya!

Berita Terkait

Berita Terkini