Info

Ternyata Ini yang Menyebabkan Tubuh Kamu Menggigil

Mengapa tubuh menggigil di saat kedinginan? Ada penjelasannya nih.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi menggigil (IDN Times)
ilustrasi menggigil (IDN Times)

Himedik.com - Ketika suhu udara rendah, tubuh akan merasakan dingin dan menggigil. Namun, pernahkan kamu memikirkan mengapa tubuh merespon suhu yang dingin dengan cara menggigil? Apakah hal tersebut wajar? 

Menggigil adalah reaksi tubuh terhadap beragam kondisi. Di saat menggigil, otot berkontraksi berulang kali supaya suhu tubuh meningkat. Tidak hanya karena kedinginan, menggigil juga bisa disebabkan karena kamu terkena infeksi atau sakit.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Hal yang harus kamu lakukan ketika menggigil adalah mencari penyebabnya. Maksudnya, apakah kamu menggigil karena kedinginan? Jika iya, maka kamu bisa memakai baju hangat untuk meningkatkan suhu tubuh.

Namun, jika kamu menggigil karena sakit seperti menggigil yang disertai dengan tubuh hangat maka diperlukan sedikit perlakuan. Sebagai saran kamu bisa minum jahe panas. Dilansir dari laman alodokter, kandungan antibakteri dalam jahe dipercaya dapat membantu meredakan demam, lho! Tidak hanya demam, tetapi batuk juga bisa dibantu dengan konsumsi minuman jahe.

ilustrasi minuman jahe (Hello Sehat)
ilustrasi minuman jahe (Hello Sehat)

Lain halnya jika tubuh demam. Disarankan kamu minum teh yang dicampur dengan echinacea. Tumbuhan herbal tersebut dapat membantu meningkatkan sistem imun. Selain itu ia juga dapat membantu mengatasi infeksi dan menurunkan demam tentunya.

Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa dan ada apa di balik tubuh kamu yang tiba-tiba menggigil? Santai, itu cuma reaksi tubuh untuk meningkatkan suhu. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini