Info

Tiga Manfaat Tak Terduga dari Mendengarkan Musik

Ketika dunia kita seakan runtuh, musik bisa mengungkapkan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi mendengarkan music (YouTube)
ilustrasi mendengarkan music (YouTube)

Himedik.com - Ada pepatah mengatakan, ketika dunia kita seakan runtuh, musik bisa mengungkapkan. Mungkin pepatah tersebut benar adanya. Pasalnya banyak para musisi mengekspresikan ungkapan hatinya melalui musik.

Seperti lagu Linkin Park yang berjudul Heavy. Hingga saat ini lagu tersebut masih melekat di ingatan, karena disinyalir menggambarkan perasaan gelisah mendiang Chester Bennington mengenai kehidupannya di masa lalu.

Lalu sebenarnya manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari mendengarkan musik? Simak penjelasan berikut.

1. Penghilang rasa sakit

Percaya atau tidak, mendengarkan musik bisa membantu kamu menghilangkan rasa sakit. Dengan adanya suara musik, otak akan melepaskan hormon endorfin. Di dalam tubuh, hormon endorfin berperan mengurangi rasa sakit sehingga menimbulkan perasaan nyaman dan senang.

2. Mengurangi stres

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Yale, mendapatkan hasil bahwa berkat musik tingkat stres pasien sebelum operasi menurun. Sebelum melakukan operasi, pasien tersebut mendengarkan lagu kesukaan selama kurang lebih 30 menit.

3. Memperbaiki mood

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas McGill, diperoleh data bahwa dengan mendengarkan musik memicu otak melepaskan hormon dopamin. Hormon dopamin sendiri berkaitan erat dengan perasaan bahagia.

ilustrasi bahagia. (wowjapan)
Ilustrasi bahagia. (wowjapan)

Hal tersebut diperkuat dengan penelitian yang dilakukan di Kanada tahun 2011. Penelitian tersebut terdapat dalam jurnal yang berjudul Nature Neuroscience, yang mana menyebutkan bahwa mendengar lagu kesukaan akan membantu memperbaiki suasana hati seseorang.

Itulah tiga manfaat menyehatkan dalam mendengarkan musik. Tidak melulu berisik dan merusak konsentrasi saja kan?

Berita Terkait

Berita Terkini