Info

Aretha Franklin Idap Kanker Pankreas, Kenali Gejala Penyakit Ini

'Queen of Soul' asal Amerika itu menghembuskan napas terakhirnya pada 16 Agustus 2018.

Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere

Aretha Franklin. (nytimes)
Aretha Franklin. (nytimes)

Himedik.com - Dunia permusikan dunia kembali berduka. Aretha Franklin, salah satu penyanyi Amerika yang dijuluki 'Queen of Soul' menghembuskan napas terakhirnya pada 16 Agustus 2018.

Wanita kelahiran 25 Maret 1942 itu meninggal di kediamannya di Detroit, Michigan, Amerika. Penyanyi sekaligus pengarang lagu dan pianis mengawali kariernya sejak kecil dengan menyanyikan lagu gospel.

Punya jejak karier yang megah, berbagai penghargaan pernah diterimanya, termasuk 18 Grammy Awards. Tak hanya itu, sebanyak 100 singlenya masuk dalam tangga lagu Billboard.

Menurut humasnya, Gwendolyn Quinn, seperti dilansir dari nytimes, mengatakan ia mengidap kanker pankreas.

Dari thesun, diketahui penyanyi soul legendaris itu telah berjuang selama 8 tahun dengan penyakitnya. Keluarganya pun membuat pernyataan terkait penyakit yang dialaminya ini.

Aretha Franklin. (nytimes)
Aretha Franklin. (nytimes)

"Penyebab kematian Franklin adalah karena kanker pankreas tipe neuroendokrin, yang dikonfirmasi oleh onkologis Franklin, Dr Philip Phillips dari Karmanos Cancer Institute".

Kanker pankreas tipe ini menyerang sel yang memproduksi hormon yang mengendalikan kadar gula darah. Dr. Khaled el-Shami, ahli kanker di George Washington University Medical Center di Washington mengatakan ini bisa disembuhkan melalui pembedahan jika terdeteksi sejak awal.

Namun, jika dalam tahap lanjut, terlebih jika sudah menyebar ke hati atau organ lain maka tak dapat disembuhkan.

Lalu, apa saja gejala kanker ini?

Gejala seperti demam, menggigil, gatal, perubahan pola buang air besar, selera makan yang hilang, mual dan muntah, gangguan pencernaan serta darah mudah menggumpal bisa menjadi tanda dari kanker pankreas.

Selain itu penyebab dari kanker pankreas meliputi merokok, diabetes, obesitas, riwayat keluarga yang menderita penyakit ini serta mereka yang berusia di atas 75 tahun.

Segera dapatkan diagnosis dokter jika kamu atau anggota keluargamu mengalami gejala-gejala di atas.

Berita Terkait

Berita Terkini