Info

Shakes vs Smoothies, Mana yang Bagus Untuk Penurunan Berat Badan?

Masih bingung minuman apa yang bagus untuk program dietmu? Simak ini yuk.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Smoothies atau shake yang baik untuk diet?. (unsplash)
Smoothies atau shake yang baik untuk diet?. (unsplash)

Himedik.com - Shakes dan smoothies memiliki peran yang berbeda ketika kamu ingin menurunkan berat badan. Smoothies pada dasarnya adalah minuman berbasis buah atau sayur serta yogurt.

Smoothies punya tekstur yang halus yang sangat baik untuk mereka yang tidak dapat mengonsumsi susu. Smoothies juga merupakan minuman yang bisa kamu minum sebelum olahraga.

Pasalnya, minuman ini kaya akan karbohidrat, rendah lemak dan vitamin yang bisa sebagai bahan bakar selama kamu berolahraga.

Sedangkan di sisi lain, shake biasanya sarat akan susu. Shakes juga terdapat dalam berbagai rasa, misalnya cokelat, vanila, karamel atau pun kacang. Ada juga yang menambahkan es krim ke dalamnya agar terasa lebih nikmat.

Shake biasanya mengandung lebih banyak protein karena jumlah susu yang terkandung di dalamnya. Tak hanya protein, minuman ini juga mengandung karbohidrat yang sangat cocok diminum ketika selesai olahraga.

Shake. (unsplash)
Shake. (unsplash)

Shake sering digunakan sebagai pengganti makanan karena lemak dan protein yang terkandung bisa membuat kamu kenyang lebih lama daripada karbohidrat. Untuk hal ini, kamu harus pastikan memilih varian yang mengandung jumlah lemak dan protein yang cukup.

Namun, jika kamu penggemar smoothies, kamu juga bisa membuat minuman ini sebagai makanan pengganti utama. Caranya, kamu hanya perlu menambahkan bahan seperti bubuk protein, kacang serta biji-bijian.

Smoothies. (unsplash)
Smoothies. (unsplash)

Melihat fakta bahwa shake yang bisa membuat kamu kenyang berjam-jam, kemudian muncul pertanyaan, minuman manakah yang ternyata lebih sehat?

Jawabannya, semua minuman sehat asalkan kamu tahu persis bahan apa saja yang ingin kamu campurkan ke dalam minuman. Pastikan kamu memasukkan bahan alami sebanyak mungkin dengan sedikit tambahan gula ya.

Berita Terkait

Berita Terkini