Info

Enam Manfaat Air Dingin yang Perlu Kamu Tahu

Air dingin dapat mengurangi radang sendi

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Air dingin (unsplash)
Air dingin (unsplash)

Himedik.com - Air tidak hanya penting untuk memenuhi cairan dalam tubuh, atau sekedar untuk mandi, cuci tangan, menyiram tanaman, dan lain-lain. Tetapi, air juga dapat digunakan sebagai pengobatan, kecantikan, dan kesehatan.

Tidak hanya air biasa atau air hangat, air dingin juga memiliki manfaat yang sama. Apa saja itu?

Rendam kaki (unsplash)
Rendam kaki (unsplash)

1. Mengatasi sakit kepala

Jika kamu sedang sakit kepala, merendam kaki ke dalam air dingin bisa menjadi solusinya. Dengan merendam kaki di dalam air dingin selama kurang lebih sepuluh menit dapat mengurangi rasa sakit kepala. Gunanya, untuk merubah tekanan peredaran darah pada otak.

2. Mengurangi radang sendi

Radang sendi dapat dikurangi dengan merendam kaki atau bagian lain yang terkena radang sendi. Tidak hanya merendam, tapi dapat juga dilakukan dengan kompresan handuk yang telah diisi es.

3. Peredaran darah lancar

Agar peredaran darah lancar, rendamlah kaki ke dalam air hangat selama dua menit kemudian pindah merendam kaki ke dalam air dingin selama 30 menit.

4. Mengurangi pembengkakan

Pembekakan pada bagian tubuh dapat dikurangi dengan mandi air dingin. Karena air dingin dapat membuat pembuluh darah jadi sempit, sehingga pembengkakan berkurang.

5. Melindungi rambut dari kerusakan

Rambut memiliki minyak alami pelindung rambut dan kulit. Jika kita keramas menggunakan air hangat, minyak alami pelindung kulit kepala akan mengering dan menyebabkan rambut rontok dan rusak.

Selain itu, membilas rambut dengan air dingin dapat membuat rambut lebih halus, tidak kusut, bersinar, lebih hitam, dan mudah diatur.

6. Menutup pori-pori

Bila hendak membersihkan kotoran yang menempel di kulit, sebaiknya gunakan air hangat saat mandi, karena air hangat berguna untuk membuka pori-pori. Setelah itu, bilas lagi menggunakan air dingin, gunanya untuk menutup pori-pori agar kotoran tidak kembali menempel di kulit.

Beberapa manfaat air dingin tersebut bisa langsung kamu coba di rumah ya.

Berita Terkait

Berita Terkini