Info

Bahaya! Makan Kambing Berlebih Berisiko Terkena Penyakit Ini

Bila makan kambing berlebihan berisiko diincar berbagai penyakit berbahaya, apa saja?

Rauhanda Riyantama

Tongseng kambing. (notepam.com)
Tongseng kambing. (notepam.com)

Himedik.com - Bagi pecinta daging kambing, momen merayakan Idhul Adha pasti sangat menggembirakan. Selain karena ibadah itu sendiri, juga dapat menikmati berbagai olahan daging kambing. Mulai dari sate, kari, sop kaki, tongseng, sop buntut, hingga gulai kambing.

Tapi ingat, bila makan kambing berlebihan berisiko diincar berbagai penyakit berbahaya. Lantas, penyakit berbahaya apa saja yang bisa dialami bila makan kambing berlebihan? Simak ulasannya.

1. Kolesterol naik

Risiko kolesterol tinggi dapat terjadi bila terlalu banyak makan daging kambing, bahkan bisa mencapai 39 mg/100 gram. Dalam beberapa kasus kolesterol tinggi dapat menyerang seseorang yang memiliki kolesterol normal, sehingga berisiko terkena kardiovaskular.

2. Gangguan pencernaan atas-bawah

Lemak berlebihan yang berasal dari daging kambing dapat tertimbun di lambung yang menyebabkan terjadinya pengosongan. Dalam kasus ini biasanya penderita akan merasa panas di dada atau heartburn.

3. Nyeri ulu hati

Reaksi langsung yang sering dialami banyak orang setelah mengonsumsi daging kambing biasanya pusing, pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Ini terjadi karena terjadi aliran balik dari lambung ke kerongkongan. Dalam kasus tertentu, beberapa orang mengalami sesak napas.

4. Jantung

Salah satu penyebab sakit jantung bisa disebabkan karena terlalu banyak makan daging kambing. Ini dikarenakan kandungan lemak hewaninya yang tinggi. Sehingga terjadi penimbunan lemak, bahkan bisa sampai ke pembuluh darah. Jadi aliran darah yang seharusnya mengalir ke otak, terhalang oleh pembuluh darah yang terdapat timbunan lemak.

5. Obesitas

Tingginya kadar lemak yang masuk ke dalam tubuh yang berasal dari daging kambing dapat meningkatkan risiko obesitas. Jika timbunan lemak di tubuh semakin banyak, maka muncul risiko penyakit lain, seperti penyempitan pembuluh darah hingga kardiovaskular.

Mengenai bahaya mengonsumsi daging kambing yang telah dipaparkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, terlalu banyak mengonsumsi daging berisiko terkena penyakit kanker.

Bila kamu termasuk salah satu penggemar daging kambing, disarankan jangan makan berlebihan. Sebaiknya juga diimbangi dengan makan buah, sayur, serta rajin olahraga untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya tersebut.

Suara.com/Vessy Dwirika Frizona

Artikel terkait dimuat Suara.com dengan judul: Makan Kambing Berlebihan saat Idul Adha, Awas 5 Penyakit Ini!

Berita Terkait

Berita Terkini