Info

Kenali Beragam Manfaat dan Efek Samping Nicotinamide

Nicotinamide merupakan jenis vitamin B3 yang salah satu fungsinya untuk menghilangkan jerawat. Hati-hati dalam penggunaannya, karena memiliki efek samping.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

vitamin B3 (The Science of Parkinson's)
vitamin B3 (The Science of Parkinson's)

Himedik.com - Nicotinamide merupakan salah satu bentuk dari vitamin B3 yang terkandung pada sayuran hijau, gandum, susu, telur, daging, ikan, dan kacang polong. Nicotinamide atau biasa disebut juga dengan Nicotinic Acid atau Niacinamide memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Salah satunya bagi kulit.

sumber vitamin B3 (Nutrition Promise)
sumber vitamin B3 (Nutrition Promise)

Nicotinamide ini tersedia dalam bentuk oral dan gel. Jika ingin menghilangkan jerawat, maka kamu bisa pilih jenis gel. Penggunaannya cukup mudah, hanya dengan mengoleskannya pada wajah yang berjerawat.

Namun perlu kamu tahu, penggunaan obat ini ada efek sampingnya lho. Seperti terjadi iritasi, kulit kering, sensasi terbakar, gatal-gatal, hingga kemerahan pada kulit.

Maka dari itu, penggunaan obat ini sebaiknya dibarengi dengan resep dokter.

Nah, selain untuk mengobati jerawat nicotinamide juga bagus untuk sistem pencernaan, sistem saraf, dan juga kesehatan otak lho. Meski demikian, penggunaan nicotinamide dalam bentuk obat ternyata tidak disarankan untuk ibu hamil.

Pasalnya menurut US Food and Drugs Administration (FDA), obat ini termasuk dalam kategori berisiko bagi kehamilan kategori C. Ini dia penjelasan lengkapnya menurut FDA:

Kategori A: Tidak berisiko
Kategori B: Tidak berisiko (di beberapa penlitian)
Kategori C: Ada kemungkinan berisiko
Kategori D: Terbukti berisiko
Kategori X: Kontraindikasi
Kategori N: Tidak diketahui

Bahkan yang sedikit mengkhawatirkan nicotinamide ini berinteraksi dengan obat tertentu yang mana bisa mengubah kerja obat. Sehingga juga akan meningkatkan risiko efek samping yang terjadi.

Maka dari itu, sekali lagi ditekankan pada pengguna obat ini supaya tidak sembarangan menggunakannya. Konsultasikan dulu dengan dokter, dan catat serta informasikan semua obat yang sedang dikonsumsi.

Berita Terkini