Info

Mengapa Kencing Seseorang Berbusa? Ini Penjelasannya

Sering mengalami kencing berbusa? Mungkin ini yang kamu alami.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Alasan kenapa kencing berbusa. (postgradproblems.com)
Alasan kenapa kencing berbusa. (postgradproblems.com)

Himedik.com - Urin yang berbusa bisa disebabkan banyak faktor, misalnya karena obat-obatan atau penyakit. Tak hanya itu, urin yang berbusa juga bisa terjadi karena beberapa faktor.

Urin yang berbusa adalah hal normal. Ini bisa saja terjadi karena kecepatan aliran urin.

Namun, urin yang sering berbusa mungkin menjadi tanda penyakit tertentu. Gejala-gejala lain yang bisa menyebabkan urin berbusa, antara lain:

1. Pembengkakan di tangan, kaki, wajah, dan perut yang bisa menjadi tanda penumpukan cairan dari ginjal yang rusak
2. Kelelahan
3. Kehilangan nafsu makan
4. Mual
5. Muntah
6. Kesulitan tidur
7. Perubahan jumlah urin yang dihasilkan
8. Urine berwarna gelap
9. Jika kamu seorang laki-laki, melepaskan sedikit atau tidak ada air mani selama orgasme juga bisa menjadi penyebab ini
10. Infertilitas pada pria

Penyebab lain dari urin yang berbusa adalah kecepatan buang air kecil. Hal ini sama dengan ketika air mengalir dari kran dengan cepat.

Di sisi lain, urin yang berbusa bisa terjadi ketika terkonsentrasi. Urin akan lebih terkonsentrasi ketika kamu tak minum banyak air dan mengalami dehidrasi.

Alasan kenapa kencing berbusa. (Health | HowStuffWorks)
Alasan kenapa kencing berbusa. (Health | HowStuffWorks)

Air kencing yang berlemak juga dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki terlalu banyak protein seperti albumin dalam urin. Protein dalam urin akan bereaksi dengan udara untuk menciptakan busa.

Biasanya, ginjal akan menyaring air ekstra dan mengeluarkan zat yang tak penting ke dalam urin. Tetapi ketika ginjal bermasalah, maka organ ini tak menyaring dengan baik.

Ginjal yang rusak dapat menyebabkan protein bocor ke urin. Kondisi ini disebut proteinuria. Ini adalah tanda penyakit ginjal kronis atau tahap akhir kerusakan ginjal yang biasa disebut penyakit ginjal stadium akhir.

Penyebab yang kurang umum dari urin berbusa adalah ejakulasi retrograde. Kondisi ini merupakan kondisi yang terjadi pada pria ketika air mani kembali ke kandung kemih bukannya dilepaskan dari penis.

Penyebab lain yang kurang umum dari urin berbusa adalah mengonsumsi obat phenazopyridine (Pyridium, AZO Standard, Uristat, AZO). Obat ini biasanya dikonsumsi mereka yang menderita infeksi saluran kemih.

Beberapa bahan kimia pembersih toilet juga dapat membuat urin berbusa. Namun, jika busa selalu ada ketika kamu buang air kecil, segera konsultasikan ke dokter ya.

Berita Terkait

Berita Terkini