Info

Konsumsi Sayuran Pahit Menguntungkan Bagi Kesehatan Tubuh

Rasa pahit dalam pare memiliki keistimewaan tersendiri

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Sayur pare (zhifure)
Sayur pare (zhifure)

Himedik.com - Tidak semua orang menyukai sayuran pahit seperti pare, daun pepaya, atau yang lainnya. Sebenarnya tergantung bagaimana kita mengolah sayuran tersebut.

Ada beberapa olahan pare dan daun pepaya yang tidak menimbulkan rasa pahit. Tapi sebaliknya, sayuran tersebut nikmat untuk disantap.

Padahal, mengonsumsi sayuran pahit seperti pare sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Mengapa bisa? Yuk lihat penjelasannya.

1. Meningkatkan pencernaan

Sayur pare (zhifure)
Sayur pare (zhifure)

Rasa pahit dari sayuran pare memiliki keistimewaan tersendiri yaitu dapat menstimulasi pencernaan agar meningkat. Pare juga dapat mencegah acid reflux.

2. Menjaga kesehatan lambung

Sayuran pahit dapat meningkatkan kesehatan lambung. Selain itu juga bisa mengurangi sensitivitas tubuh terhadap makanan tertentu.

3. Menjaga gula darah

Sayur pare (zhifure)
Sayur pare (zhifure)

Beberapa studi menyatakan bahwa sayuran pahit dapat menormalkan kadar gula darah, kadar hormon, dan fungsi hormon endokrin.

4. Mencegah tukak lambung

Rasa pahit dalam sayuran bisa mencegah tukak lambung dengan cara menstimulasi sekresi lendir di perut. Pare dapat menjaga kadar alkalin internal perut tetap seimbang dan meminimalisir kadar asam dalam tubuh.

5. Membuat kenyang

Pare membantu menormalkan proses pencernaan dan mencegah makan terlalu banyak. Ini karena pare bisa membuat lebih cepat kenyang.

Cobalah mulai konsumsi sayuran pahit seperti pare atau daun pepaya.

Berita Terkait

Berita Terkini