Info

Tips Hentikan Gertakan Gigi dengan 6 Langkah Ini

Sering menggertakan gigi saat tidur malam? Coba cara ini biar berhenti.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Sakit kepala dan rahang sering muncul akibat gertakan gigi. (Pella dentist)
Sakit kepala dan rahang sering muncul akibat gertakan gigi. (Pella dentist)

Himedik.com - Pernahkah kamu bangun tidur dan merasa sakit di bagian rahang atau kepala? Kemungkinan hal ini disebabkan karena kamu menggertakan gigi saat tidur.

Kondisi ini disebut bruksisme. Ini juga dihubungkan dengan kondisi sleep apnea yaitu kondisi ketika otot-otot tenggorokan rileks di malam hari dan memblokir saluran napas yang mengganggu pernapasan.

Bruksisme dapat disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya faktor psikologis dan genetik, posisi gigi atas yang lebih rendah atau obat-obatan tertentu.

Jika ini terjadi terus-menerus, maka gigi bisa menjadi lebih sensitif, otot rahang atas bisa sakit dan juga bisa menderita sakit kepala.

Untuk menghindari itu, HiMedik sudah merangkum 6 cara setop menggertakan gigi di malam hari.

1. Hindari kafein dan alkohol

Kafein adalah stimulan terkenal yang bisa didapat dengan mudah saat diperlukan. Kandungan itu ada pada kopi terutama. Tetapi kamu harus mencoba mengurangi kopi, coke, dan minuman energi karena mengandung kafein dalam jumlah tinggi.

Ilustrasi minum kopi. (Foto; Huffingtonpost)
Ilustrasi minum kopi. (Foto; Huffingtonpost)

Jika kamu sering meminumnya, kamu menjadi terlalu gelisah dan aktif di siang hari, dan juga semakin sulit bagimu untuk beristirahat dan bersantai saat waktu tidur.

Hal yang sama berlaku untuk alkohol, tetapi itu menyebabkan tubuh memiliki reaksi yang berbeda. Alkohol dapat mempercepat waktu tidur, tetapi juga cenderung membuat tidur tidak tenang.

2. Kurangi intensitas stres

Stres adalah penyebab umum dari bruksisme. Pertama, pikirkan apa yang membuat kamu stres. Kedua, buat rencana yang efektif bagaimana menyingkirkan hal-hal itu.

Selain itu, tidur teratur dan jangan lupa untuk bangun pada jam yang sama. Selalu ingat makan makanan sehat juga ya.

3. Berhenti mengunyah barang yang bukan makanan

Misalnya, pulpen, pensil atau apa pun itu. Ini bisa membawa lebih banyak bakteri ke dalam mulut dan juga secara langsung terkait dengan menggertak gigi.

Jika kamu tak bisa berhenti mengunyah, kamu bisa menggantinya dengan permen karet atau camilan seperti kacang.

4. Perbanyak konsumsi kalsium dan magnesium

Ini bisa kamu temukan dalam sayuran hijau. Kedua unsur ini juga sangat penting untuk fungsi otot dan kesehatan sistem saraf.

Kamu juga bisa minta saran dokter soal vitamin atau suplemen makanan yang bisa kamu konsumsi untuk melengkapi dua nutrisi ini.

5. Rileks sebelum tidur

Jika bruksisme terjadi pada malam hari, maka kamu harus lebih bersantai sebelum tidur. Semakin kamu tenang dan rileks, maka semakin besar peluang untuk tidur nyenyak tanpa gertakan gigi.

Kamu bisa minum teh herbal yang membantu menenangkan seperti teh chamomile. Atau, cobalah minta bantuan pasangan untuk memijat leher, bahu dan wajah. Itu akan membantu pikiran dan tubuhmu menjadi rileks.

6. Gunakan pelindung gigi

Alat pencegah terjadinya gertakan gigi. (Ottawa TMJ Clinic)
Alat pencegah terjadinya gertakan gigi. (Ottawa TMJ Clinic)

Jika kelima cara di atas tak berhasil, kamu bisa pergi ke dokter dan minta sarannya. Ia bisa memberi kamu pelindung mulut untuk dipakai di malam hari untuk mencegah gertakan gigi dan menyebabkan kerusakan pada gigi.

Berita Terkait

Berita Terkini