Info

Punya Jerawat di Telinga? Usir dengan Empat Cara Ini

Usir jerawat di telinga pakai cara ini.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Usir jerawat di telinga dengan cara ini. (Healthline)
Usir jerawat di telinga dengan cara ini. (Healthline)

Himedik.com - Jerawat terbentuk di daerah yang terdapat sel-sel kulit, sel rambut (folikel) dan kelenjar penghasil minyak.

Jerawat biasanya muncul ketika pori-pori tersumbat dengan sebum (minyak alami yang melindungi bagian luar kulit dan membuatnya terhidrasi) dan sel-sel kulit mati, atau bahkan bakteri dan kotoran yang masuk ke telinga bagian dalam.

Melansir dari brightside, HiMedik menemukan empat cara mengusir jerawat dari telinga.

1. Gosok dengan alkohol

Ini adalah pengobatan antiseptik yang paling umum di dunia karena bisa melarutkan bakteri dalam DNA sel-sel kulit manusia.

Caranya, oleskan alkohol pada sedikit kapas, bersihkan area yang terkena dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Ulangi dua kali sehari.

2. Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida dianggap sebagai pengobatan yang paling efektif untuk jerawat. Ini juga bisa mengobati komedo.

Caranya hampir sama seperti di atas, tambahkan beberapa tetes benzoil peroksida ke kapas kemudian aplikasikan ke jerawat selama beberapa menit. Ulangi dua kali sehari bila perlu.

Usir jerawat di telinga dengan cara ini. (Healthline)
Usir jerawat di telinga dengan cara ini. (Healthline)

3. Pembersih bebas minyak

Pembersih bebas minyak dirancang khusus untuk menghilangkan jerawat dan mencegahnya muncul kembali. Salah satu bahan utama dalam pembersih bebas minyak adalah asam salisilat yang membantu mengelupas kulit dan menyingkirkan sel-sel kulit mati dan pori-pori.

Kamu cukup cuci area jerawat dengan air hangat. Dengan gunakan gerakan melingkar, aplikasikan pembersih ke area berjerawat. Jangan masukan ke dalam saluran telinga, cukup seka bagian luar telinga ya.

4. Kompres panas

Kompres panas dapat membantu menghilangkan jerawat dengan membuka pori-pori dan membersihkan kulit dari kotoran dan produksi minyak berlebih yang mungkin menyebabkan jerawat di telinga.

Kompres panas membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki sirkulasi darah setelah dioleskan ke area yang terkena.

Caranya, bersihkan area dengan alkohol, rendam kain lap dalam air panas kemudia peras. Lipat dan kemudian aplikasikan ke area yang terkena. Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Ulangi dua kali sehari.

Itu tadi beberapa cara untuk menyingkirkan jerawat dari telinga. Nggak sulit kan?

Berita Terkait

Berita Terkini