Info

Ampuh Redakan Migrain, Ikuti Lima Langkah Ini

Sering migrain? Atasi dengan cara ini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Migrain. (unsplash)
Migrain. (unsplash)

Himedik.com - Migrain atau sakit kepala sebelah memang sangat menyebalkan.Menurut Zubair Ahmed, MD, ahli saraf di Klinik Cleveland, rasa sakit sering digambarkan seperti berdenyut biasanya dimulai pada satu sisi kepala dan berlangsung dari empat jam hingga tiga hari.

Migrain diperparah oleh aktivitas fisik, cahaya, suara, bahkan bau. Kamu pun mungkin juga mengalami mual dan/atau muntah.

Kamu mungkin lebih memilih untuk mencari kamar yang gelap dan duduk atau tidur selama berjam-jam. Dikutip dari Menshealth, sekitar enam hingga sembilan persen pria sering mengalami migrain.

Sedangkan menurut Gary Jay, MD, ahli saraf di UNC Health Care, sebanyak 30 - 40 persen pria mengalami migrain di antara usia 20 - 40 tahun.

Untuk meredakan migrain, HiMedik sudah berhasil mendapatkan lima cara seperti dilansir dari Menshealth.

1. Minum suplemen riboflavin atau magnesium.

''Beberapa suplemen termasuk vitamin B2 (riboflavin) dan magnesium telah terbukti bermanfaat dalam mencegah migrain,'' kata Ahmed.

Sebuah ulasan 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Headache menemukan mereka yang mengonsumsi 600mg magnesium punya risiko lebih kecil mengalami migrain. Dan konsumsi 400 mg riboflavin telah terbukti mengurangi migrain.

2. Menjaga stres seminimal mungkin

Stres bisa menjadi pemicu yang signifikan. "Stres melepaskan banyak bahan kimia di otak yang dapat memicu migrain atau membuat migrain semakin buruk.

Selama masa yang penuh tekanan, bahan kimia termasuk epinefrin dan kortisol dilepaskan ke dalam darah, dan ini yang akan membuat sakit kepalamu main parah.

Migrain. (unsplash)
Migrain. (unsplash)

3. Melakukan hubungan seks

Sebuah studi 2013 menemukan 60 persen orang yang melakukan hubungan seks selama migrain melaporkan penurunan nyeri kepala.

4. Berhenti makan makanan olahan.

Kebiasaan makan junk food mungkin membuat migrain akan makin memburuk.

''Monosodium Glutamate (MSG), dalam banyak makanan, terutama sup, pizza, keripik, dan makanan Cina, telah terbukti menyebabkan migrain,'' kata Ahmed. Ini juga termasuk soda, minuman energi dan minuman berkafein lainnya, terutama yang mengandung pemanis buatan, kata Jay.

5. Hindari jenis alkohol tertentu.

''Alkohol yang mengandung congeners lebih mungkin menyebabkan migrain,'' kata Jay. Congeners adalah produk sampingan dari alkohol yang difermentasi dan distilasi, seperti anggur, bir, dan wiski. Minuman keras yang bening seperti vodka, di sisi lain, mungkin tidak memiliki efek yang sama.

Berita Terkait

Berita Terkini