Info

Mager dan Ingin Selalu di Kasur? Hati-hati Clinomania

Clinomania merupakan gangguan psikologis yang menyebabkan seseorang selalu ingin berada di tempat tidur.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

clinomania (deskgram)
clinomania (deskgram)

Himedik.com - Bermalas-malasan di tempat tidur setelah seharian lelah beraktivitas memang wajar saja dilakukan. Tapi ternyata hal tersebut bisa berubah menjadi serius jika intensitas malas-malasan di kasur menjadi lebih sering. Terlebih jika itu dilakukan di akhir pekan atau liburan.

Menurut pakar, hal tersebut bisa menjadi pertanda seseorang mengidap clinomania. Kelainan ini bisa diartikan kecanduan atau terlalu nyaman berada di tempat tidur.

Sehingga penderita selalu ingin berada di tempat tidur dalam jangka waktu yang lama. Meskipun sedang tidak tidur dan hanya bermain smartphone atau bahkan sekadar tiduran.

Buat kamu yang merasa sering seperti itu, berikut beberapa tanda seseorang mengidap clinomania:

ilustrasi bermalas-malasan di tempat tidur (videoblocks)
ilustrasi bermalas-malasan di tempat tidur (videoblocks)

 

  1. Bahagia yang teramat sangat ketika berada di tempat tidur
  2. Rela membatalkan janji dan tidak melakukan hal apapun demi untuk tetap bisa bermalas-malasan di tempat tidur
  3. Memilih berada di tempat tidur, terlebih jika seharian telah melakukan kegiatan yang melelahkan
  4. Meski sering bermalas-malasan di tempat tidur, namun hal tersebut tetap menjadi momen berharga yang harus selalu dilakukan.

Kelainan ini memang terlihat sepele dan tidak berbahaya, tetapi pada kenyataannya para pakar menyatakan bahwa clinomania termasuk dalam gangguan psikologis. Dikarenakan kelainan tersebut menyebabkan penderita tidak memiliki motivasi dalam hidup.

Clinomania juga bisa dikaitkan dengan tanda depresi, karena penderita depresi hampir pasti mengalami clinomania. Jadi jika kamu merasa malas-malasan di tempat tidur terlalu berlebihan ada baiknya untuk segera datang ke psikolog.

Berita Terkait

Berita Terkini