Info

Meski Berbahaya, Olahraga Ekstrem Juga Baik Buat Kesehatan

Bungee jumping, panjat tebing, paralayang, terlihat ekstrem tapi seru dan ternyata juga menyehatkan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

paralayang (YouTube)
paralayang (YouTube)

Himedik.com - Apa sih yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata olahraga ekstrem? Seru, menyenangkan, atau malah menakutkan?

Bagi sebagian orang, olahraga ini dianggap berbahaya dan tidak ada manfaatnya sama sekali. Padahal itu tidak sepenuhnya benar lho. Asal kamu tahu nih, olahraga ekstrem tidak kalah menyehatkan dari olahraga lainnya kok.

Seperti panjat tebing contohnya. Selama berolahraga, kamu dituntut untuk konsentrasi pada medan dengan mengandalkan kekuatan tangan serta kaki.

Nah, bisa disimpulkan kalau olahraga satu ini mampu melatih kamu untuk konsentrasi, dan meningkatkan kekuatan tubuh.

Contoh lainnya yaitu bungee jumping. Dengan melompat dari ketinggian dengan posisi tubuh terbalik membuat alirah darah ke otak lancar lho. 

Selain itu, olahraga ini bisa digunakan sebagai terapi buat kamu yang takut ketinggian serta untuk mengurangi stres.

bungee jumping (medium)
bungee jumping (medium)

Hal ini diperkuat berdasarkan penuturan dari University of Maryland Endocrinology Health Guide. Bahwa dengan melakukan olahraga ekstrem, akan merangsang kelenjar adrenal melepaskan hormon adrenalin.

Denyut jantung pun meningkat, sehingga mempercepat aliran darah ke otak. Selain itu, konversi glikogen menjadi glukosa di hati juga terbantu serta membuat otot rileks.

Bahkan psikolog bernama Jenn Berman, PhD, yang bekerja di praktik swasta Beverly Hill, California juga turut angkat bicara. Katanya, orang-orang yang menyukai olahraga ekstrem merupakan orang-orang yang berani mengambil risiko.

Mereka mendorong dirinya sendiri hingga di ambang batas, baik secara fisik, emosional, serta segala cara yang ada.

Tak cukup di situ, peneliti lain juga menunjukkan bahwa olahraga ekstrem bisa meningkatkan kemampuan mengambil keputusan cepat dalam keadaan krisis. Kesadaran sosial juga akan meningkat, serta membantu meredakan stres.

Bagaimana, kamu tertarik untuk melakukan olahraga ekstrem tidak nih?

Berita Terkait

Berita Terkini