Info

Apa sih Penyebab Seseorang Suka Mengunyah Es Batu?

Kebiasaan ini dikenal dengan istilah pagophagia. Sering dikaitkan dengan keadaan tubuh yang kekurangan zat besi.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi mengunyah es batu (pixabay)
ilustrasi mengunyah es batu (pixabay)

Himedik.com - Apa sih asyiknya mengunyah es batu? Selain tidak ada rasanya, sensasi dingin dari es bisa menyebabkan gigi ngilu. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi mereka yang suka ngemil es batu.

Sebenarnya apa sih penyebabnya?

Secara medis, kebiasaan sering mengunyah es batu dikenal dengan sebutan pagophagia. Kebiasaan ini bisa terjadi pada siapa saja, dari anak-anak hingga lansia. Gejala ini muncul akibat dari seseorang terkena anemia atau kekurangan zat besi.

Seseorang bisa dikatakan pagophagia ketika mengalami kecanduan mengunyah es batu minimal dalam kurun waktu selama 1 bulan. Lalu apa hubungannya dengan kekurangan zat besi?

Ada beberapa teori yang mengatakan bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabkan gejala mulut kering, nyeri lidah, sulit menelan, dan kurangnya kemampuan mengecap. Gejala tersebut bisa diperingan dengan cara mengemut atau mengunyah es, karena bisa mengurangi rasa tidak nyaman dan inflamasi.

ilustrasi gigi ngilu (shutterstock)
ilustrasi gigi ngilu (shutterstock)

 

Selain itu, hasil penelitian yang melakukan evaluasi dari 81 pasien penderita anemia menemukan kondisi pagophagia dijumpai pada penderita tersebut. Tidak hanya itu, pagophagia ternyata juga dapat meningkatkan kinerja otak lho.

Melissa Hunt, Ph.D., psikolog dari Universitas Pennsylvania mengatakan bahwa saat suhu dingin menyentuh wajah, hal tersebut akan menyempitkan pembuluh darah tepi. Sebagai gantinya, aliran darah ke otak menjadi lebih banyak. Sehingga meningkatkan kinerja otak.

Meski kebiasaan mengunyah es batu ini bisa dikatakan memiliki dampak baik, namun kamu perlu berhati-hati terhadap dampak buruknya. Seperti yang kamu ketahui, dingin dan kerasnya es batu bisa merusak gusi, mengikis gigi, serta merusak tambalan gigi.

Kamu juga bisa mengalami gangguan pada sendi rahang dan nyeri pada otot rahang. Dampak terparah adalah risiko kerusakan jantung, akibat dari anemia/kekurangan zat besi yang tidak diobati.

Jadi, jika kamu memiliki kebiasaan mengunyah es batu dan merasakan adanya gejala anemia, disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini