Info

Gusi Tiba-tiba Berdarah? Ini Penyebabnya

Gusi merupakan jaringan yang cukup lunak, gesekan keras ketika menyikat gigi, menyebabkan gusi bengkak dan berdarah. Tetapi mengapa gusi berdarah ketika sedang tidak sikat gigi?

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

menyikat gigi (shutterstock)
menyikat gigi (shutterstock)

Himedik.com - Tidak sedang sikat gigi, tapi tiba-tiba gusi berdarah? Mungkin hal tersebut pernah bahkan sering kamu alami. Dari segi kesehatan, sebenarnya apa sih penyebab gusi berdarah? Berikut penjelasannya.

1. Merokok

Perlu kamu ketahui, perokok berisiko terkena beragam penyakit gusi 2 kali lebih banyak daripada mereka yang bukan perokok. Bahan kimia dalam rokok yang masuk ke tubuh bersifat racun sehingga dapat menurunkan sistem imun.

Akibatnya, tubuh tidak mampu melawan bakteri yang ada pada mulut. Selain itu, merokok juga dapat menghambat penyembuhan gusi yang terluka.

2. Kurangnya kebersihan gigi

Gesekan keras ketika menyikat gigi bisa menyebabkan gusi berdarah, dan itu wajar terjadi. Tetapi jika kamu malah jarang menyikat gigi ternyata jug bisa mengakibatkan hal yang serupa.

Maka dari itu rutinlah sikat gigi menggunakan pasta gigi dengan kandungan flouride sebanyak dua kali dalam sehari.

3. Makanan manis

Suka makan makanan manis ternyata juga menjadi pemicu gusi berdarah. Hal ini karena makanan manis kerap menyangkut di sela gigi sehingga kesehatan gigi dan mulut menjadi buruk.

makanan manis (ThinkstockPhotos)
makanan manis (ThinkstockPhotos)

Akibatnya, gusi dan gigi mudah meradang dan berdarah. Solusinya, kamu harus rajin membersihkan gigi terutama setelah makan.

4. Obat

Beberapa jenis obat bisa menyebabkan mulut kering dan gusi mudah berdarah. Sebagai saran, kamu bisa berkonsultasi pada dokter untuk meresepkan obat lain.

5. Gingivitis

Merupakan penyakit gusi yang menyebabkan kemerahan, iritasi, dan pembengkakan pada gusi. Penyebabnya adalah kurangnya kebersihan gigi yang mana akan menimbulkan plak dan bakteri yang menumpuk di gigi.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa kebersihan gigi menjadi masalah utama gusi tiba-tiba berdarah. Yuk, rajin sikat gigi!

Berita Terkait

Berita Terkini