Info

Lima Cara Alami Turunkan Tekanan Darah

Dijamin bakal turun dengan cepat.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Cara alami turunkan tekanan darah. (ScienceAlert)
Cara alami turunkan tekanan darah. (ScienceAlert)

Himedik.com - Menurut American Heart Association, seseorang dikatakan memiliki tekanan darah tinggi ketika tekanan darahnya berada pada 130/80 mmHg atau lebih.

Penyakit hipertensi bukan main-main karena penyakit ini bisa diikuti dengan beberapa penyakit lain seperti stroke, gangguan jantung dan terkena serangan jantung.

Bagi mereka yang menderita hipertensi, pastinya banyak pantangan berupa makanan atau aktivitas fisik yang harus diikuti.

Namun jangan khawatir. Ada cara alami turunkan tekanan darah, seperti dilansir HiMedik dari womansday.

1. Makan lebih banyak buah dan sayuran

Penelitian di Oxford University mengatakan peluang terkena penyakit jantung akan sedikit berkurang jika mengonsumsi banyak buah dan sayur.

Kukus atau rebus sayuran kemudian taburi dengan sedikit minyak zaitun.

Cara alami turunkan tekanan darah. (goredforwomen.org)
Cara alami turunkan tekanan darah. (goredforwomen.org)

2. Konsumsi yogurt

Konsumsi yogurt lima kali seminggu bisa mengurangi 30 persen risiko serangan jantung pada wanita dengan tekanan darah tinggi, kata sebuah studi baru di American Journal of Hypertension.

Kalsium dalam susu membantu menurunkan tekanan darah dan makanan yang difermentasi seperti yogurt dapat membuat pembuluh darah menjadi kurang kaku.

3. Fokus pada sebuah karya seni

Alihkan fokusmu dengan menggambar dengan spidol atau membuat sebuah karya seni. Menurut penelitian Universitas Drexel, secara signifikan ini bisa mengurangi hormon-hormon yang terkait dengan stres yang bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

4. Tingkatkan protein

Orang yang mengonsumsi paling banyak protein - sekitar 3,5 ons sehari - memiliki risiko hipertensi 40% lebih rendah, sebuah studi dari Boston University School of Medicine menemukan. Jika kamu memilih daging, hindari daging yang terlalu matang.

5. Sering-sering berada di luar ruangan

Menurut para peneliti di Australia dan Inggris, menghabiskan setidaknya setengah jam per minggu di ruangan hijau secara signifikan mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Beberapa cara alami di atas bisa kamu praktikkan untuk menurunkan tekanan darah.

Berita Terkait

Berita Terkini