Info

Hati-hati! Salah Memotong Buah Bisa Hilangkan Nutrisinya

Kamu yang gemar makan buah potong nampaknya harus hati-hati. Pasalnya salah potong buah bisa bikin nutrisinya hilang. Kok bisa sih?

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

memotong buah (marinmamacooks)
memotong buah (marinmamacooks)

Himedik.com - Rasanya hampir tidak pernah terpikirkan bahwa cara memotong buah berpengaruh pada nutrisinya. Tetapi ternyata salah potong buah dapat menghilangkan kandungan nutrisinya, lho. Alasannya yaitu karena cahaya, paparan panas, dan oksigen yang bebas di udara bisa menghilangkan kandungan nutrisi dalam buah.

Ini karena pada dasarnya kulit buah berperan dalam menjaga dan melindungi kandungan mineral, vitamin, dan nutrisi lain yang ada dalam daging buah. Jadi, setelah buah dikupas ketiga hal yang disebutkan tadi akan membuat kandungan air dalam buah lekas menguap.

Akibatnya keseimbangan pH daging buah menjadi terganggu dan akhirnya akan menghilangkan beragam nutrisinya. Apalagi, ada beberapa nutrisi yang memang tidak tahan panas setelah dipotong. Salah satunya yaitu vitamin C. Hal ini karena vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang mana sangat mudah bereaksi dengan oksigen di udara.

Secara kasat mata, kandungan vitamin C pada buah bisa kamu lihat dari jumlah cairan yang keluar ketika buah dipotong. Cairan tersebut mengandung vitamin C larut air.

memotong buah (seriouseats)
memotong buah (seriouseats)

Berdasarkan penelitian dari Universitas California, kandungan vitamin C dalam buah potong bisa berkurang 5 hingga 20 persen tergantung dari jenis buahnya. Seperti melon potong, kandungan vitamin C-nya hilang sebanyak 20 persen. Kiwi dan nanas potong 10 persen, serta stroberi, semangka, dan mangga potong sebanyak 5 persen.

Namun tak hanya menghilangkan nutrisi, memotong buah juga bisa mempercepat proses pembusukan. Penyebabnya sama. Oksigen di udara akan mempercepat proses pemecahan gula alami yang ada dalam buah menjadi karbondioksida. Sehingga warna buah yang tadinya masih bagus, berubah menjadi kecokelatan.

Meski demikian, bukan berarti kamu tidak boleh memotong buah atau makan buah potong. Kamu hanya perlu memperhatikan hal-hal berikut supaya manfaat dalam buah tetap bisa dirasakan.

buah potong (shutterstock)
buah potong (shutterstock)

Pertama, gunakan pisau yang bersih dan tajam. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kontaminasi dari bakteri atau jamur. Setelah dipotong, segera makan buah supaya tidak terlalu lama terkena udara bebas.

Kedua, jika tidak segera dimakan, masukkan buah dalam wadah tertutup kedap udara dan simpan dalam lemari pendingin. Supaya kesegaran dan kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Berita Terkait

Berita Terkini