Info

Yakinkah Mayones Baik Untuk Tubuh?

Yang suka makan mayones, sudah yakin ini bermanfaat?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Yakinkah mayones baik untuk tubuh?. (ibssanoplus.com)
Yakinkah mayones baik untuk tubuh?. (ibssanoplus.com)

Himedik.com - Makanan yang dilengkapi dengan mayones pastinya punya cita rasa yang berbeda. Entah ada magic apa dari saus ini yang membuat mulut tak berhenti mengunyah jika sudah saling berhadapan.

Saus dingin ini pada umumnya terbuat dari bahan seperti kuning telur, garam, merica, mustar, cuka dan minyak. Untuk mempersingkat waktu memasak, mayones sudah bisa ditemukan di supermarket atau pun toko-toko makanan dengan rasa yang tak kalah sedap.

Melihat banyaknya peminat mayones, HiMedik ingin menelusuri apakah saus itu sehat atau tidak. Dilansir dari verywellfit, berikut penjelasannya.

Beberapa ahli medis mengklaim mayones tidak sehat. Misalnya, jika kamu tidak memerhatikan porsinya, maka ada risiko bertambahnya kalori dan lemak pada tubuh.

Sebenarnya, sehat tidaknya mayones kembali pada dirimu. Jika kamu lebih memilih untuk membuatnya di rumah dengan pilihan bahan-bahan alami, maka itu bisa saja bermanfaat karena bisa sebagai diet rendah karbohidrat.

Yakinkah mayones baik untuk tubuh?. (BuzzFeed)
Yakinkah mayones baik untuk tubuh?. (BuzzFeed)

Beberapa orang ada yang mengeluhkan jumlah kalori yang ditawarkan mayones yaitu 100 kalori per sendok makan. Ada juga yang menyarankan untuk menggantinya dengan minyak zaitun.

Padahal minyak zaitun diketahui memiliki lebih banyak kalori yang bisa mencapai 124 kalori per sendok makan.

Di sisi lain, kabar baiknya adalah hampir semua minyak nabati bisa digunakan untuk membuat mayones sehingga ini bisa disimpulkan bahwa minyak adalah faktor yang sangat memengaruhi kesehatan.

Kekhawatiran selanjutnya adalah soal bakteri. Ini berawal dari fakta yang menyebutkan salah satu bahan pembuat mayones adalah kuning telur mentah.

Tapi ini jangan membuat kamu takut membeli mayones di supermarket karena pastinya sudah teruji aman.

Jangan juga kamu menganggap bahwa mayones yang bisa membuat kamu sakit setelah kamu mengonsumsinya. Semua mayones bersifat asam yang bisa membantu menjauhkan bakteri.

Mayones yang dijual sebenarnya dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri dalam makanan meskipun harus tetap diletakkan dalam kulkas.

Jadi, mayones bisa sehat dan tidak tergantung dari dirimu. Jika ingin membeli, pastikan melihat kadar kalori yang terkandung dalam mayones. 

Namun jika ingin membuatnya di rumah, pastikan juga bahan-bahan yang kamu sesuai dengan kebutuhan tubuh ya.

Berita Terkait

Berita Terkini